Viral! Siswa Sambas Panjat Tiang Bendera Setinggi 15 Meter

KalbarOnline, Sambas – Seorang siswa SMK 01 di Semparuk, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas mendadak viral setelah video aksi heroiknya memanjat tiang bendera setinggi kurang lebih 15 meter tersebar luas di dunia maya.

Siswa tersebut bernama Rajili, warga Desa Sepinggan, Kecamatan Semparuk. Ia nekat memanjat tiang tersebut hanya demi menarik tali pengikat bendera merah putih yang lepas saat pelaksanaan upacara Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-77 di kantor Camat Semparuk.

“Anak yang manjat, namenye Rajili sekolah di SMK Semparuk, berasal dari Desa Sepinggan Kecamatan Semparuk,” kata tokoh pemuda di Semparuk, Yudi Siswanto kepada wartawan, Rabu (17/08/2022).

Yudi menerangkan, kejadian itu bermula ketika petugas hendak menarik tali untuk mengibarkan bendera merah putih. Saat bendera ditarik dan dibentangkan, tali itu malah lepas. Spontan petugas kepolisian mencari orang yang dapat memperbaiki tali tersebut. Seketika itu lah, Rajili pun langsung maju dan memanjat tiang bendera tersebut. 

“Saat bendera dibentangkan, dengan semangatnya paskibra menarik bendera, tetapi tali lepas. Spontan Rajili langsung maju ke depan untuk memanjat tiang,” jelasnya.

Dalam video itu, anggota kepolisian turut memantau Rajili saat memanjat. Setelah tali induk didapati, Rajali turun hingga bendera dapat dipasang kembali untuk dikibarkan.

“Sambil memanjat, dia juga dipantau oleh petugas kepolisian, ditakutkan jatuh, tapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa,” ungkap Yudi.

Sebagai tokoh pemuda, Yudi pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Rajili. Baginya, hal yang dilakukan Rajili adalah sama dengan memperjuangkan kemerdekan layaknya pahlawan yang berjuang untuk dapat mengibarkan bendera merah putih saat merebut kemerdekaan.

“Kita patut hargai apa yang diperbuat oleh Rajili. Dia sama juga memperjuangkan agar bendera merah putih itu tetap berkibar di hari kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya. (Jau)

BACA JUGA:  Sekda Kapuas Hulu Pimpin Rapat Pembentukan Panitia HUT RI ke-77

Comment