by

Perkuat Nasionalisme Warga, Rion Sardi Gelar Apel 17 Agustus di Kampung Halaman

KalbarOnline, Ketapang – Pemuda Pancasila bersama dengan pelajar dan warga menggelar upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 di lapangan SD Negeri 05, Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, Rabu (17/8/2022) pagi.

Bertindak sebagai komandan upacara, Muhammad Duha Rahamadani, inspektur upacara, Rion Sardi serta komandan pasukan pengibar bendera, Abel Adrian dari SMA Negeri 01 Muara Pawan 

Kegiatan yang dimulai dengan upacara penaikan bendera merah putih dan doa bersama itu dilakukan untuk memperkuat rasa nasionalisme warga dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penggagas kegiatan, Rion Sardi dalam amanatnya menyampaikan, kalau dirinya sebagai putra asli Desa Mayak Tanjungpura merasa perlu untuk kembali menggugah semangat nasionalisme warga yang selama ini sudah jarang melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih.

“Sejak diproklamasikannya kemerdekaan kita oleh Ir Soekarno 77 tahun lalu, saat ini sudah menjadi kewajiban kita untuk menghargai jasa para pahlawan dengan tetap menjaga tanah air, salah satunya meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air atau rasa nasionalisme,” ucapnya.

Rion Sardi menyebut, kalau sejarah pernah mencatat bagaimana dahulu di daerah tepian Sungai Pawan memiliki rekam jejak kejayaan di masa lampau, yakni memiliki trah kepemimpinan melalui alur kerajaan yang besar yakni Tanjungpura. 

“Sebagai bagian dari negeri yang besar dari asal kuasa kerajaan Tanjungpura, maupun sebagai bangsa Indonesia sudah barang tentu kita diberi pijakan dasar mengenai semangat juang, cinta tanah air dan jiwa berkorban dari para leluhur kita. Semangat nasionalisme ini perlu untuk kita gugah dan tingkatkan kembali,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga merasa bersyukur, sebab pada tahun tahun sebelumnya, kegiatan 17 Agustus tidak bisa terlalu meriah akibat masih pembatasan karena pandemi Covid-19. Ia pun berharap, jika pada tahun ini kebangkitan bangsa Indonesia dari dampak Covid-19 bisa lebih kuat.

BACA JUGA:  Sekda Kapuas Hulu Pimpin Rapat Pembentukan Panitia HUT RI ke-77

“Kita berkeinginan adanya peningkatan kapasitas hidup, sarana dan prasarana umum yang menunjang, pelayanan kesehatan yang cepat dan akses jalan yang dapat ditempuh dengan aman dan nyaman,” harapnya.

“Semua itu bukan hanya sebagai wacana atau lamunan saja, sudah 77 tahun Indonesia merdeka maka saatnya kita sebagai generasi muda untuk melanjutkan perjuangan dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan apel ini diikuti oleh sekitar 200 orang yang terdiri dari Ormas Pemuda Pancasila bersama pelajar SMA Negeri O1 Muara Pawan, SMP Negeri 01 Muara Pawan dan SD Negeri 01 Muara Pawan serta masyarakat sekitar. 

Pasca upacara bendera, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berbagai perlombaan dan hiburan rakyat lainnya. (Adi LC)

Comment