Peringati HUT RI ke-77, Wali Kota Pontianak: Semangat Bekerja Keras dan Optimis

KalbarOnline, Pontianak – Upacara pengibaran bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 di Kota Pontianak dilaksanakan di Keboen Sajoek PSP. Pengibaran ini sekaligus menandakan kembalinya semarak perayaan kemerdekaan setelah dua tahun dilanda pandemi.

Memaknai hari kemerdekaan, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk menanamkan semangat kebangsaan dengan bekerja lebih giat dan optimis. Selain itu dirinya juga mempersilakan bagi warga yang ingin mengadakan acara lomba dalam rangka memeriahkan hari jadi negara ini. Dia menilai hal itu sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat.

“Sesuai dengan tema, kita sudah harus menerjemahkannya dengan keseharian kita. Optimis bahwa kita bisa menghadapi masalah-masalah bangsa dengan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ungkapnya usai menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih di Keboen Sajoek PSP, Rabu (17/08/2022).

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Liburkan Siswa TK/PAUD, SD dan SMP

Senada dengan semangat pemulihan, pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak dinilai Edi, sudah menggeliat. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga diiringi dengan menurunnya angka kemiskinan serta pengangguran terbuka, menandakan sinyal kebangkitan ekonomi.

“Sehingga ini memberikan energi lebih untuk kemajuan yang lebih cepat dan mensejahterakan masyarakatnya,” imbuhnya.

Prosesi pengibaran bendera berjalan dengan lancar. Seorang anggota paskibraka yang bertugas sebagai pembawa baki, Cheryn Grace menuturkan pesan dan kesannya selama menjadi anggota paskibraka. Dia merasa senang serta bangga karena berhasil mengibarkan bendera sesuai rencana.

Baca Juga :  HUT RI ke-74, Edi Kamtono Ajak Warga Pontianak Perangi Kebodohan

“Saya merasa senang dan bersyukur karena itu sudah cita-cita saya sejak SMP. Meskipun tidak mendapat kesempatan untuk menjadi anggota paskibra di istana negara, saya tetap bangga,” tutur siswi SMA Negeri 1 Pontianak itu.

Selama lebih dari dua bulan lamanya, para putra-putri terbaik ini ditempa demi misi dan tugas mulia. Cheryn mengaku sempat gugup saat membawa bendera. Kendati demikian dirinya tetap berusaha senyum kala menjalankan tugasnya. 

“Saya harap di tahun ke-77 ini bangsa dan negara bisa semakin baik dan sejahtera kedepannya,” pungkasnya. (Jau)

Comment