Peringatan Harjad Polwan ke-74, Wakapolres Kubu Raya Pimpin Polwan Goes to School

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi (Hajad) ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) tahun 2022, Polres Kubu Raya menggelar program Goes to School di SMA Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Jumat (12/08/2022).

Kegiatan yang bertujuan memberikan penyuluhan hukum kepada para siswa dan siswi tersebut, dipimpin oleh Wakapolres Kubu Raya, Kompol Shandy WG Suawa. Dimana dalam kesempatan itu, Kompol Shandy memberikan materi tentang “Cerdas dan Aman Bermedia Sosial”.

“Dengan harapan dapat memberi pengetahuan kepada siswa agar aman dalam bermedia sosial, sehingga tidak lagi ditemukan siswa yang menjadi korban ataupun pelaku dari tindak pidana transaksi elektronik,” katanya.

Pada kegiatan itu, Kompol Shandy diikuti oleh 5 personel Polwan Polres Kubu Raya, diantaranya Bripka Weni, Briptu Vebi, Bripka Ria, Bripda Adam dan Briptu Dizi.

Baca Juga :  Sujiwo Kukuhkan Jingga Shooting Club

“Materi penyuluhan hukum cerdas dan aman bermedia sosial sangat diperlukan anak-anak didik atau pelajar, agar bisa berhati-hati, jangan sampai jadi korban apalagi pelaku tindak pidana yang ditangani dalam ITE,” tambahnya. 

Kegiatan Polwan Goes to School ini mendapat sambutan baik serta apresiasi dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Raya, Aisha. Dimana beliau sangat berharap, dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini para siswa-siswi bisa menerapkan cerdas dan aman dalam  bermedia sosial dalam kegidupan sehari-hari.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakapolres Kubu Raya yang melaksanakan kegiatan Polwan Goes to School. Ini sangat diperlukan anak-anak didik atau pelajar agar bisa berhati-hati jangan sampai jadi korban apalagi pelaku kejahatan karena ketidaktahuannya,” terang Aisha.

Baca Juga :  Usai Tidur bersama Istri, Pria 34 Tahun Ditemukan Tewas Gantung Diri

Dalam penyuluhan itu, para siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya mendapatkan pengetahuan seputar tentang pengertian media sosial, dasar hukum, tindak pidana yang ditangani dalam ITE, kejahatan online yang harus diwaspadai, pedofil online atau child grooming, sextortion, love scam, motivasi pelaku, modus pelaku, bagaimana agar terhindar menjadi korban, cyber bullying dan lainnya.

Polwan Goes to School ini juga memberikan tips bagaimana agar para pelajar itu terhindar menjadi pelaku bullying, terhindar penipuan belanja online, memberikan contoh-contoh akun yang tidak menipu serta tips aman transaksi online.

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungai Raya juga diajarkan solusi bilamana mereka menjadi korban, cara mengamankan bukti di akun medsos, cara copy link URL akun IG dan bagaimana kaum muda harus bersikap. (Jau)

Comment