Bhayangkara Muda Kalbar Raih Penghargaan Internasional dari PBB

Afrika Tengah – FPU 3 MINUSCA melaksanakan Upacara Medal Parade di Lapangan Apel Garuda Camp, tampak tamu dari perwakilan PBB dan perwakilan negara yang tergabung dalam misi Minusca hadir di dalam Garuda Camp, Bangui, Republik Afrika Tengah, Rabu (10/08/2022).

Putra dan putri Polri terbaik seluruh Indonesia yang tergabung dalam misi kemanusiaan meraih penghargaan UN Medal yang disematkan langsung oleh Deputy SRSG (Special Representative of Secretary General) Mrs Lizbeth Cullity. Setelah penyematan penghargaan itu, FPU 3 Minusca menampilkan tarian tradisional dan tarian bersama. 

Dalam upacara Medal Parade ini juga terdapat putra dan putri Polri yang berasal dari Polda Kalbar yang juga meraih penghargaan tinggi dari United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa di acara Medal Parade. 6 personel Polda Kalbar ini dipercaya untuk mengemban tugas mulia di misi internasional di Republik Afrika Tengah tepatnya di kota Bangui yang kurang lebih lamanya 1 tahun dan mengakhiri misinya pada September tahun 2022 ini. 

Atas kerja keras dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas berintensitas tinggi berbagai konflik di negara tersebut, FPU Indonesia berhasil di benua hitam Republik Afrika Tengah dalam menjalankan misi ini, PBB memberikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada kontingen Garuda FPU 3 Minusca termasuk 6 personel Polda Kalbar ini dengan penghargaan Medal UN. 

Putra dan putri terbaik ini yakni Bripka Denny Faisal Siregar, Briptu Bahrudin, Briptu Zani Syawal Yandi, Briptu Azharus Shabirin, Briptu Benedikta dan Bripda Iqbal Ansyari. Diantara 6 personel Polda Kalbar itu, terdapat 4 personel yang berasal dari Satbrimob Polda Kalbar. 

Tak hanya itu dalam rangkaian acara Medal Parade ini personel Polda Kalbar juga menampilkan sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia yaitu tarian khas Kalimantan Barat yakni tarian Tidayu (Tionghoa, Dayak dan Melayu) di hadapan para pejabat UN dan Minusca.

BACA JUGA:  Lintas Etnis dan Agama di Kalbar Sepakat Jaga Keberagaman dan Tolak Aksi Anarkis

Sorak meriah tepuk tangan diberikan kepada tim tari atas penampilan yang sangat memukau saat membawakan budaya tradisional tarian yang berasal dari salah satu provinsi di Indonesia di hadapan mata dunia. 

“Saya merasa sangat bangga bisa menampilkan budaya Kalimantan Barat di kancah internasional ini, bahkan bisa mengharumkan nama Polri dan dimata dunia dengan meraih Medal UN ini yang merupakan suksesnya melaksanakan misi selama kurang lebih satu tahun di Republik Afrika Tengah ini,” ujar Briptu Zani salah satu personel Satbrimob Polda Kalbar yang menjadi bagian dari FPU 3 Minusca.

Dengan berakhirnya Upacara Medal Parade ini, FPU 3 Minusca akan dijadwalkan kepulangan ke tanah air pada bulan September mendatang, dengan harapan tanpa kekurangan sedikitpun selama akhir end of misi ini.

Comment