Sat Lantas Polres Kapuas Hulu Sosialisasi Larangan Penggunaan Sepeda Listrik di Jalan

KalbarOnline, Putussibau – Sat Lantas Polres Kapuas Hulu jajaran Polda Kalbar mengeluarkan imbauan larangan terhadap penggunaan sepeda listrik di jalan raya.

Imbauan larangan tersebut dilakukan salah satunya dengan cara memasang banner di Jalan Lintas Selatan, tepatnya di simpang empat Masjid Darussalam, Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, pada Rabu (10/8/2022).

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar melalui Kasat Lantas, IPTU Dony mengatakan, bahwa penggunaan sepeda listrik hanya boleh digunakannya di kawasan komplek perumahan atau kawasan tertentu saja.

Baca Juga :  Barak Batalyon 644 Walet Sakti Kapuas Hulu Terbakar

“Yang paling penting pengendara sepeda listrik tidak boleh di jalan raya. Harusnya di jalan-jalan tertentu, seperti sekitaran rumah atau komplek ataupun kawasan tertentu,” jelas IPTU Dony.

“Penggunaan sepeda listrik sudah diatur di Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2020, Tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik,” terang IPTU Dony lagi.

Dengan demikian, IPTU Dony berharap masyarakat dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut. 

Baca Juga :  Kodim dan Tim Satgas Pangan Kapuas Hulu Sidak Sejumlah Toko dan Minimarket

“Nantinya kami dari Sat Lantas akan melakukan sosialisasi tentang bahaya penggunaan sepeda listrik ke sekolah-sekolah dan juga ke orang tua. Karena kami peduli pada keselamatan masyarakat Kota Putussibau yang kami cintai, makanya kami berani mengambil langkah cepat, sebelum kita bersama menyesal, manakala anak-anak kita menjadi korban sia-sia di jalan raya,” tuntas Kasat Lantas.

Penulis : Tommy / Ishaq

Comment