by

KNPI Goes to School, Sosialisasikan Bahaya Narkoba di SMA Negeri 2 Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ketapang menggelar KNPI Goes To School dengan tema “Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba terhadap Generasi Muda” di SMA Negeri 2 Ketapang, Rabu, (10/8/2022) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh utusan siswa SMA di wilayah Kecamatan Benua Kayong, SMA N 2 Ketapang, SMA Ma’arif, SMK N 1, SMA N 4 SMK Mujahidin Ketapang itu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KNPI ke-49.

Koordinator Sosialisasi KNPI Goes To School, Sudirman Thalib mengatakan kalau kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Pemerintah Daerah Ketapang melalui Dispora, Dinas Kesehatan Ketapang dan Polres Ketapang. 

“KNPI Ketapang akan turun ke kecamatan di daerah pesisir untuk memasifkan gerakan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba ini,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 2, Tajudin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KNPI Ketapang yang telah menjadikan SMA Negeri 2 Ketapang sebagai sasaran dalam KNPI Goes to School ini. 

“Mengingat pentingnya sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba ini untuk pelajar khususnya Pelajar SMA Negeri 2 Ketapang,” ucapnya.

Dia berharap, SMA Negeri 2 Ketapang dapat bersinergi dalam kegiatan apapun, khususnya yang mengarah kepada pelajar. 

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Ketapang, Uti Royden Top menekankan, agar para pelajar di wilayah Kecamatan Benua Kayong secara kompak untuk memerangi Narkoba. Sebab menurutnya, Benua Kayong menjadi salah satu  wilayah yang rentan akan peredaran narkoba. 

“Sebut saja misalnya, potensi bidang olahraga, seni dan lainnya. Agar hidup lebih produktif dan kompetitif,” ujar pria yang juga merupakan alumni SMAN 2 Ketapang itu.

Otop sapaan akrabnya, juga meminta agar siapa saja pelajar SMA di wilayah Kecamatan Benua Kayong yang mempunyai skil kemampuan di bidang olahraga volly, dirinya siap mengakomodir untuk diwadahi pada latihan bersama. 

BACA JUGA:  Usung Program Goes to School, KNPI Gandeng Polres dan Dinkes Ketapang

“Agar Ketapang ke depannya memiliki bibit untuk bisa diutus ke ajang kompetisi di tingkat daerah, provinsi sampai ke level nasional,” ujar Anggota DPRD ketapang yang juga merupakan Ketua PBVSI Ketapang tersebut.

Sementara, Sekretaris Dispora Ketapang, Herry Iskandar berharap, agar dalam pelaksanaan kegiatan ini, para pelajar di wilayah Kecamatan Benua Kayong dapat memaksimalkan sosialisasi ini agar mampu menjadi duta di lingkungan sekitarnya masing-masing, baik di lingkungan keluarga, terlebih lagi masyarakat. 

Menurutnya, kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba ini penting untuk terus digalakkan, mengingat angka pengguna dan pengedaran narkoba di Ketapang saat ini semakin meningkat. 

“Maka melalui gerakan ‘Katakan Tidak Pada Narkoba’, diharapkan menjadi gerakan kampanye yang secara masif tersampaikan kepada masyarakat terutama pelajar yang menjadi generasi masa depan daerah maupun bangsa,” tegasnya.

Dia memastikan, Pemerintah Daerah Ketapang terus mendukung kegiatan seperti ini, dalam rangka menjaga generasi muda yang akan datang menuju Ketapang yang sehat sebagaimana Panca Karya Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. 

“Dinas Pemuda dan Olahraga Ketapang juga memiliki program Pertukaran Pelajar, Pemuda Pelopor dari berbagai bidang, dan Pelatihan Kepemudaan, Kepemimpinan dan Kewirausahaan. Semua program ini tentunya dalam rangka menunjang dan mendukung pemuda agar lebih produktif dan siap berdaya saing dengan pemuda di luar manapun,” paparnya.

Kegiatan ini juga resmi dibuka oleh Herry Iskandar. Dimana ia dan berharap untuk lebih dimaksimalkan lagi ke depannya. 

Untuk diketahui, bahwa kegiatan KNPI Goes to School ini akan digelar di 6 kecamatan pesisir. Diantaranya, Kecamatan Benua Kayong, Delta Pawan, Matan Hilir Selatan, Matan Hilir Utara, Muara Pawan dan Kendawangan, dengan waktu secara tentatif sesuai dengan kesediaan dari pihak sekolah masing-masing.

BACA JUGA:  Usung Program Goes to School, KNPI Gandeng Polres dan Dinkes Ketapang

Hadir pada giat tersebut selaku tuan rumah Kepala SMA Negeri 2 Ketapang, Tajudin, Koordinator KNPI Goes to School, Sudirman Thalib, Sekretaris DPD KNPI, Ahmad Yani, Para Wakil Sekretaris dan Wakil Ketua, Ketua DPD KNPI Ketapang, Uti Royden Top, Kanit Binmas Polres Ketapang, IPTU Dede, perwakilan Dinas Kesehatan, Herman Basuki dan Sekretaris Dispora Ketapang, Herry Iskandar. (Adi LC)

Comment