by

Peminat Tinggi, Disperpusip Pontianak Hadirkan Inovasi Pojok Persiapan Tes

KalbarOnline, Pontianak – Tingginya minat terhadap buku-buku latihan pendalaman soal tes, membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Pontianak menghadirkan inovasi Pojok Persiapan (PP) Tes.

Pojok ini berisi buku-buku dengan tema antara lain latihan soal UN SMP, SMA, Tes SBMPTN, Tes Potensi Akademik, Psikotes, tes masuk BUMN, TNI/POLRI, CPNS/PPPK hingga latihan soal TOEFL, TOEIC, IELTS.

Dulu, buku-buku tersebar di sejumlah rak. Kini, dikelompokkan dalam Pojok Persiapan Tes agar lebih mudah diakses.

“Dari data kami, minat kalangan mahasiswa dan pelajar ada pada buku penunjang materi pembelajaran, selain itu mereka juga tertarik dengan koleksi buku latihan pendalaman soal-soal tes, karenanya inovasi ini hadir,” ujar Pranata Komputer Muda dan Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Pontianak, Rahmadini, Selasa (9/8/2022).

Rak khusus Pojok Persiapan (PP) Tes diinisiasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka akan buku-buku pendamping dengan memperbanyak pengadaan buku-buku tes di tahun 2021.

Berdasarkan tren, peminjaman buku-buku persiapan tes ini selalu meningkat. Di toko buku, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Disperpusip pun berusaha memberi akses kepada siapa saja yang membutuhkan secara cuma-cuma.

PP Tes diletakkan di area depan perpustakaan agar langsung terlihat pemustaka. PP Tes mempersingkat tahap pencarian koleksi. Biasanya, pemustaka harus melakukan pencarian di OPAC (Open Public Access Catalog) di terlebih dahulu, mengetahui call number baru menuju rak koleksi yang dimaksud.

Dengan PP Tes, mereka bisa langsung menuju rak khusus tepat ketika pertama kali menginjak ruangan koleksi perpustakaan.

Selain itu, ada pula inovasi Pojok Presiden. Rak khusus yang berisikan buku-buku pilihan dan best seller dari Presiden Republik Indonesia.

“Sekarang terjadi peningkatan jumlah baca buku di tempat dan sirkulasi pinjaman untuk buku-buku persiapan tes dan presiden. Pemustaka yang tadinya hendak mencari buku umum, dapat teralihkan untuk membaca pada PP Tes dan Pojok Presiden dikarenakan posisi rak yang strategis,” tutupnya. (J)

BACA JUGA:  Dongkrak PAD, Pemkot Pontianak Evaluasi Pengelolaan Keuangan

Comment