by

Gelorakan Semangat Gotong Royong, Sekda Pimpin Bersih-bersih Jalan Seputar Kota Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memimpin langsung kerja bakti seluruh OPD yang menyasar bahu-bahu jalan di seputar Kota Ketapang.

Kegiatan bersih-bersih itu diawali dengan pemberian arahan seluruh pegawai antar OPD di halaman Kantor Bupati Ketapang, Jumat (05/08/222) pagi. 

Alexander Wilyo mengatakan, kalau gagasannya itu merupakan pengamalan dari falsafah bangsa Indonesia yaitu Pancasila, sila Ketiga, “Persatuan Indonesia”. 

Ia menjelaskan, falsafah gotong royong merupakan warisan para leluhur bangsa Indonesia yang harus tetap lestari di tengah-tengah masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Ketapang. Sebagai ASN, menurutnya dia, pun harus turut memberi teladan kepada masyarakat. 

“Dalam gotong royong memuat nilai-nilai luhur. Filosofi gotong royong ini ketika kita terapkan dalam keseharian, dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat maka akan menjadi baik. Hal ini sangat sesuai dengan misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Ketapang saat ini, ‘Mewujudkan Pemerintahan yang Handal, Bersih, Terpercaya dan Berwibawa dalam Pelayanan Publik’,” ujarnya.

Alexander Wilyo juga menyebut, kalau ide gotong royong yang ia gagas tidak hanya sebatas pada kegiatan hari ini, namun kedepan pihaknya akan menjadi kegiatan gotong royong menjadi agenda rutin bulanan bahkan mingguan.

“Dalam dua minggu kedepan, akan diadakan rapat lanjutan yang substansinya mengimbau seluruh OPD hingga tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan instansi vertikal agar bersedia membantu saya dalam mengaktualisasikan gagasan ini,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menegaskan kalau kerja bakti di seputar jalan Kota Ketapang ini, merupakan langkah awal. Menurutnya, hanya sebagai stimulan khususnya bagi para ASN, sebab kata beliau lagi, ASN harus menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. 

BACA JUGA:  HUT RI ke-77, Pemkot Pontianak Gelar Pasar Murah di Enam Kecamatan

Gotong royong kali ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan dalam rangka menyambut HUT RI ke-77. Sebelumnya juga telah diselenggarakan Ceramah Kebangsaan dengan tema “ASN Berakhlak”, pada Selasa (02/08/2022).

Untuk diketahui, gagasan penggalakan semangat gotong royong ini pertama kali diutarakan oleh Sekda Ketapang saat apel pagi untuk para ASN di lingkungan Pemkab Ketapang pada Senin, (25/07/2022) lalu.

“Saya ingin menggalakkan kembali semangat gotong royong di Kabupaten Ketapang. Kita tidak hanya bicara, kita akan action memberikan contoh kepada masyarakat,” tandasnya. (Adi LC)

Comment