by

Peringati HUT RI ke-77, Pemkab Sintang Hanya Akan Laksanakan 4 Agenda Ini Saja

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar rapat koordinasi persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Sintang di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kamis (04/08/2022).

Rapat tersebut dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat dan dihadiri oleh jajaran panitia peringatan HUT RI ke-77 tingkat kabupaten.

Dalam kesempatan itu, Syarief Yasser menyampaikan, bahwa tema Peringatan HUT RI tahun 2022 adalah “Pulih lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, yang memiliki arti kalau ekonomi dan kegiatan lainnya harus pulih setelah dilanda pandemi Covid-19.

“Dan kita harus bangkit lebih kuat lagi menghadapi situasi saat ini, dan momen peringatan HUT RI inilah kita manfaatkan untuk membangkitkan kekuatan kita” terangnya.

Selanjutnya, Syarief Yasser menjelaskan bahwa Pemkab Sintang pada peringatan HUT RI ke-77 tingkat kabupaten hanya akan melaksanakan 4 kegiatan rutin dan pokok saja, yakni diantaranya renungan suci di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi pada hari Selasa 16 Agustus 2022 jam 24.00, upacara mengenang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Stadion Baning pada hari Rabu 17 Agustus 2022 jam 07.00, mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dari Istana Negara secara virtual Rabu 17 Agustus 2022 jam 10.00 di Indoor Apang Semangai serta upacara penurunan bendera merah putih di Stadion Baning pada Rabu 17 Agustus 2022 jam 16.00.

“Bapak Bupati Sintang akan menjadi inspektur upacara dan Wakil Bupati Sintang sebagai cadangan sambil menunggu proses di DPRD Kabupaten Sintang. Skenario lainnya, yang akan menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI adalah Dandim 1205 Sintang dan Bapak Kapolres Sintang sebagai Inspektur upacara penurunan bendera,” terang Syarief Yasser.

BACA JUGA:  Sekda Kapuas Hulu Pimpin Rapat Pembentukan Panitia HUT RI ke-77

Selain itu, Syarief Yasser juga meminta kepada jajaran pemerintah untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memasang bendera di depan rumahnya masing-masing.

“Saya melihat, masih banyak warga yang belum memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing. Kalau bisa ada gerakan kembali untuk mengingatkan warga agar mau memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing supaya meriah dan itu kewajiban kita sebagai warga Negara,” papar Syarief Yasser.

Sementara itu, Kadis Porapar Kabupaten Sintang, Hendrika menyarankan, agar lokasi pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022 di Stadion Baning, karena Paskibraka akan melaksanakan formasi baris berbaris lengkap.

“Kalau di halaman Kantor Bupati Sintang, lokasinya tidak cukup untuk melaksanakan formasi baris berbaris lengkap. Saat ini anggota Paskibraka sedang menjalankan pendidik dan latihan. Dan tanggal 13 Agustus 2022 akan dikukuhkan oleh Bupati Sintang di Pendopo Bupati Sintang. Kondisi mereka hingga kini sangat baik” terang Hendrika.

Kaban Kesbangpol, Kusnidar dalam kesempatan itu mengingatkan agar agar para peserta upacara dapat hadir tepat waktu, mengingat pada jam 10.00 Wib, Bupati Sintang dan Forkopimda harus mengikuti upacara secara virtual. 

“Kalau bisa jam 06.30 pagi, pergerakan peserta upacara harus sudah di lokasi. Sehingga Bapak Bupati Sintang dan Forkopimda lebih leluasa untuk mengikuti upacara virtual di Indoor Apang Semangai” terang Kusnidar. (Jau)

Comment