Indonesia Sudah Merdeka 77 Tahun, Tapi Warga Manday Belum Nikmati Listrik dan Telekomunikasi Seluler 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kendati Indonesia telah merdeka sejak 77 tahun silam, namun masih ada desa di Kabupaten Kapuas Hulu yang belum menikmati hasil kemerdekaan.

Hal itulah yang dirasakan oleh warga Dusun Manday, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu. Sudah sekian lama mereka belum menikmati listrik maupun telekomunikasi seluler seperti warga desa lain di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Warga Desa Manday masih mengandalkan mesin genset untuk mengaliri listrik di setiap rumah warga, dan menjadi keluhan warga setempat,” kata Tomi, salah seorang narasumber kepada KalbarOnline.com, Senin (01/08/2022).

Baca Juga :  Curah Hujan Tinggi, Ponpes Darul Qur'an Al Hidayah Kapuas Hulu Tergenang

Menurut Tomi, masalah tak hanya selesai sampai disitu saja. Karena warga Desa Manday juga mengeluh tidak mampu menggunakan genset setiap harinya, lantaran tak memiliki biaya lebih untuk membeli minyak.

Sedangkan untuk sarana telekomunikasi seluler, mereka juga harus mencari signal di jembatan, signal telekomunikasi seluler itu didapatkan dari tower yang berada di Bika.

Baca Juga :  Buka Open Turnamen Voli se-Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan: Jangan Sampai Terjadi Keributan

“Di Bika, barulah warga desa bisa terakses komunikasi,” terangnya.

Tomi dan warga lainnya sangat berharap, agar keinginan warga Desa Manday untuk mendapat hak pelayanan yang sama dengan warga lainnya dapat dipenuhi.

“Pemerintah dan DPRD Kabupaten Kapuas Hulu bisa memperjuangkan untuk kue pembangunan, yaitu sarana listrik dan telekomunikasi seluler bisa hadir dan dinikmati oleh masyarakat di Desa Manday,” tuturnya. (Ishaq)

Comment