Giliran Orang Muda dan Nelayan Kalbar Gaungkan Ganjar Presiden 2024

KalbarOnline, Sanggau – Gelombang dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang semakin masif dilakukan di berbagai daerah.

Termasuk di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar. Gema “Ganjar Presiden 2024” turut pula digaungkan oleh relawan Orang Muda Ganjar (OMG) dan para nelayan di sana.

Menurut Koordinator Wilayah OMG Kalbar, Steper Vijaye, kuatnya dukungan masyarakat kepada Ganjar Pranowo lantaran kadung terpikat dengan figur kader PDI Perjuangan tersebut yang dinilai merakyat, merangkul milenial, ramah tetapi tegas dan berpengalaman sebagai anggota DPR maupun Gubernur Jawa Tengah.

“Kita terinspirasi melalui kepemimpinan  beliau, yang hari ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, lalu kebijakan beliau mengegolkan undang-undang kesejahteraan desa,” ujar Vijaye, Ahad (31/07/2022).

Hal itu disampaikan Vijaye di sela-sela acara pembentukan Komunitas Nelayan Peduli Kapuas OMG Kalbar, di Kampung Liku, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. 

“Banyak juga piagam maupun penghargaan yang telah diraih Jawa Tengah–mulai dari 2014 sampai hari ini terus digalangkan oleh Pak Ganjar,” ungkap Vijaye.

“Ke depan, kami akan terus menyosialisasikan dan mendorong pemenangan Ganjar dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sampai pelosok Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya mantap.

Isu Krusial

Sebelumnya, selain melakukan pembentukan Komunitas Nelayan Peduli Kapuas OMG Kalbar, Relawan OMG Kalbar turut menampung aspirasi 50 nelayan yang berada di tepian Sungai Kapuas di Kabupaten Sanggau melalui dialog. Tidak kurang dari 2 ribu anak muda dan masyarakat sekitar memadati lokasi kegiatan.

Baca Juga :  Kepengurusan DPK-IKAPTK 2023 - 2028 Ketapang Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati Martin

Vijaye menyampaikan, isu pencemaran lingkungan di Sungai Kapuas yang notabene merupakan sungai terpanjang di Indonesia itu cukup krusial. Dimana pencemaran telah terjadi mulai dari bagian hulu hingga hilir sungai.

Vijaye menyebut, kalau sumber utama pencemaran air Sungai Kapuas adalah limbah pabrik, limbah rumah tangga, aktivitas pertambangan emas, zat kimia merkuri, hingga penangkapan ikan secara ilegal. Oleh karena itu, gebrakan ini merupakan upaya pelestarian Sungai Kapuas, agar fungsi strategisnya tetap terjaga bagi masyarakat. 

“Kami melakukan kunjungan bersama masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di tepian Kapuas Sanggau. Di situ, kami berdialog bersama mereka untuk menampung aspirasi-aspirasi yang disampaikan–bahwa perlu bersama-sama kita menjaga Sungai Kapuas ini agar bisa  bersih dan sehat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Relawan OMG juga memberikan sejumlah bantuan, berupa pukat jala ikan maupun sembako. Vijaye berharap, para nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapannya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Keinginan kami bahwa lingkungan ini tetap terjaga dari limbah-limbah ilegal. Untuk nelayan, secara khusus itu kita menginginkan bahwa dapat mempermudah kita dalam menjaga lingkungan–baik itu membuang sampah sembarang–perlu kita jaga melalui komunitas ini,” jelas Vijaye

Vijaye menambahkan, bahwa agenda ini merupakan rangkaian dari acara ‘Festival Bumi Daranante’ yang digagas OMG Kalbar untuk masyarakat Kabupaten Sanggau. Di mana, acara tersebut merupakan bentuk sosialisasi dan dukungan Ganjar Presiden 2024 yang dibalut dengan berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat, senam bersama, cek kesehatan, dan bazar UMKM di Lapangan Bola Rawa Bakti, Ilir Kota, Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

“Untuk rangkaian kegiatan kita yaitu mengambil tema ‘Sanggau Sehat Sanggau Kuat’ dengan nama kegiatanya Festival Bumi Daranante. Dengan cara ini kami lebih mendekatkan figur Pak Ganjar dan visinya terhadap lingkungan hidup,” jelas Vijaye.

Kalau Ganjar Terpilih..

Mulyadi (53 tahun), salah seorang nelayan asal Kampung Liku, Kabupaten Sanggau, mengaku sangat mendukung gerakan OMG Kalbar dalam menjaga kelestarian Sungai Kapuas. Mulyadi mengatakan, jika bantuan alat pukat yang diberikan kepada para nelayan ini sangatlah bermanfaat, dalam hal meningkatkan produktivitas tangkapan.

“Mewakili nelayan, terutama saya sebagai nelayan, sangat senang atas bantuan dari Orang Muda Ganjar ini, sangat bermanfaat bagi kami,” terang Mulyadi.

Terkait dengan profil Ganjar sendiri, Mulyadi mengaku kalau ia sudah mengikuti rekam jejaknya sejak Ganjar masih menjadi Anggota DPR–hingga saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Mulyadi, Ganjar merupakan sosok yang sangat peduli kepada nelayan, yang dibuktikan dengan upaya menjamin kesejahteraan nelayan berupa asuransi kecelakaan, baik kecelakaan di laut maupun di darat.

“Menurut saya pribadi, sosok Pak Ganjar ini orang baik dan merakyat. Semoga (jika Ganjar Presiden 2024) bisa lebih memperhatikan kami selaku nelayan di Kapuas ini,” tutup Mulyadi. (Jau)

Comment