HUT ke-15, Sutarmidji Optimis Kubu Raya Bisa Jadi yang Terbaik

KalbarOnline, Kubu Raya – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memimpin upacara bendera pada peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kubu Raya, yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Minggu (17/07/2022).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-15 Kabupaten Kubu Raya,” kata Sutarmidji melalui arahannya ketika menjadi inspektur upacara.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Semoga dengan filosofi ‘Salam Menanjak’ dan tagline ‘Kubu Raya untuk Indonesia’, Kabupaten Kubu Raya bisa mensejajarkan diri bahkan lebih baik dari kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat maupun di Indonesia,” sambungnya.

Sementara dalam sambutan acara peringatan, Sutarmidji mengaku optimis, bahwa Kabupaten Kubu Raya mampu bersaing dengan daerah lain jika mampu memaksimalkan potensi yang ada, seperti luas wilayah, kesuburan lahan, potensi UMKM dan industri, kehutanan, mangrove, dan kelapa sawit. 

“Maka, seluruh komponen pemerintah lainnya akan baik apabila tata kelola pemerintahannya baik dan akhirnya membawa kesejahteraan rakyat. Saya berharap angka kemiskinan terus ditekan, angka kemiskinan di Kabupaten Kubu Raya cukup kecil dibandingkan kabupaten lain di Indonesia maupun di Kalbar,” tuturnya.

Demikian juga angka pengangguran terbuka yang menurut Sutarmidji juga tidak begitu besar. Sementata untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kubu Raya tertinggi di Kalbar dengan angka 68,16 persen. 

“Namun, tetap perlu ditingkatkan,” pesannya.

Dari sisi pertumbuhan ekonomi, Kabupaten Kubu Raya turut menyumbang perekonomian Kalbar dengan cukup baik, sehingga menjadikan pertumbuhan ekonomi Kalbar secara umum menjadi yang tertinggi di regional Kalimantan. 

“Saya berharap Kabupaten Kubu Raya punya potensi dalam meningkatkan PAD. Kemudian, kualitas produksi beras Kubu Raya sangat baik menjadi beras premium, hanya tinggal meningkatkan kemasannya meskipun sekarang sudah baik,” katanya.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Dinobatkan Sebagai Top Pembina BUMD 2019

“Produk-produk UMKM-nya sangat bagus dan beragam, sehingga bisa memasuki pasar nasional maupun internasional. Jadi, kunci utama dari seluruh potensi yang ada hanya satu yaitu tata kelola pemerintahan. Jika tata kelola pemerintahannya tidak baik, mustahil akan berhasil,” jelas Gubernur Kalbar.

Selain itu, ia menyebut, angka LK Indeks Persepsi Korupsi Kalbar sudah di atas nasional, nilai MCP yang diberikan KPK-RI sudah hampir 90, yakni 89. Sutarmidji berharap Kabupaten Kubu Raya bisa memberikan kontribusi untuk penilaian induk dua hal tersebut, agar Provinsi Kalimantan Barat bisa terus bangkit, begitu juga dengan Kabupaten Kubu Raya yang terus bangkit dan terus menanjak, sesuai dengan slogannya. 

“Mari, kita bekerja keras untuk bersinergi bersama dalam membangun Kabupaten Kubu Raya. Usia 15 tahun memang masih muda, tapi bukan tidak bisa menjadi yang terbaik. Semoga semua yang kita cita-citakan dan tagline yang dibuat bisa kita implementasikan. Selamat ulang tahun, sukses selalu, dan mari, bersinergi untuk membangun Kalimantan Barat,” seru Gubernur Kalbar seraya menutup sambutannya.

Selain Gubernur Kalbar, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Sekda Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, sejumlah bupati dan wali kota di Kalbar, jajaran Forkopimda Kabupaten Kubu Raya, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kubu Raya, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan itu, ucapan rasa syukur disampaikan Bupati Kabupaten Kubu Raya. Ia berharap, di tengah cuaca yang cerah saat itu dapat membawa pertanda baik bagi Kubu Raya untuk selalu membangun kesejukan, kedamaian dan kebahagiaan di Kabupaten Kubu Raya. 

Baca Juga :  Enam Trayek Kubu Raya Beroperasi, Bupati Rusman Ali : Camat Sosialisasikan

Ia menyampaikan, momen HUT ke-15 ini diselenggarakan dengan memberikan nuansa baru, yaitu dengan memperkuat apa yang menjadi keberagaman dan menjadi bukti perekat. Melalui cara tersebut diharapkan semua bisa fokus dan memperkuat IPM maupun pertumbuhan ekonomi, serta upaya-upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran sehingga lebih produktif inovatif.

“Sesuai dengan tema ‘Kepong Bakol’ itulah menjadi semangatnya dan tidak ada yang ditinggalkan dan semuanya berusaha untuk bisa terlibat dan berpartisipasi,” kata Muda Mahendra.

Sedangkan Wakil Bupati Kubu Raya menjelaskan “Menanjak” yang memiliki makna Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah pesisir dengan perahu sebagai ikon. Dan dari perahu tersebut masyarakat mempunyai ide untuk membuat lemari untuk di sudut-sudut rumah yang terdapat pesan moral di dalamnya.

“Selain daerah pesisir, Kubu Raya juga bisa memberikan peluang kepada masyarakat untuk berkreasi. Alhamdulillah, peminatnya juga cukup besar dan itu merupakan kreasi serta inovasi dari masyarakat yang harus kita dukung,” tutur Sujiwo.

Selain apel bendera, acara peringatan juga dirangkai dengan peresmian pameran pembangunan, launching Tari Pesan Mendunia, Pawai Budaya, tarian berbagai etnis, dan lainnya.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI dengan kepatuhan tertinggi 98,14, Akuntabilitas Kinerja Tahun 2021 dari MenPAN RB dengan predikat B, Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik, dan Penghargaan Pembinaan dan Pengawasan di Bidang Pengelolaan Aset Desa dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Hasil Inventarisasi dengan Peringkat 4 Nasional. (Jau)

Comment