by

KUPP Teluk Melano Rutin Imbau Nahkoda Kapal Pentingnya Keselamatan Berlayar

KalbarOnline, Ketapang – Pasca tragedi tenggelamnya Kapal KLM Maju Indah di perairan Gosong Aling, Selat Karimata pada Senin 11 juli lalu, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Teluk Melano semakin gencar memberikan iimbauan kepada nahkoda kapal agar selalu waspada dan memperhatikan kondisi cuaca saat akan berlayar.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Teluk, Afrizal Tanjung melalui Pelaksana Hariannya, Arif Budiman menjelaskan bahwa, pihaknya sangat prihatin dengan kecelakaan yang terjadi dan sekaligus mengapresiasi tim penolong yang bergerak cepat melakukan evakuasi terhadap kru kapal.

“Cuaca buruk memang menjadi musuh bagi para pelaut,” ujarnya, Kamis (14/07/2022).

Oleh karena itu, pihaknya rutin meningkatkan para nahkoda kapal yang beroperasi di wilayah kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Teluk Melano, agar selalu waspada, melakukan mitigasi risiko dengan memperhatikan kondisi cuaca saat akan berlayar, sehingga kecelakaan laut karena cuaca buruk dapat diminimalisasi.

“Contohnya dengan melihat prakiraan cuaca dari BMKG,” imbaunya.

Arif Budiman juga mengingatkan kepada nahkoda kapal, agar mempersiapkan alat-alat keselamatan–bahkan kalau perlu tunda keberangkatan kapal atau apabila saat berlayar terkena cuaca buruk.

“Segera berlindung ke perairan yang aman dan menginformasikan secara terus menerus tentang keadaan cuaca perairan sekitar selama pelayaran,” tandasnya. (Adi LC)

BACA JUGA:  BMKG: Pesisir Kalbar Berpotensi Banjir

Comment