Sekda Mohd Zaini Kunker ke Desa Lebak Najah Kecamatan Silat Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa lebak Najah, Kecamatan Silat Hulu, dalam rangka menghadiri penilaian PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022, baru-baru ini.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Satu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)  Kab Kapuas Hulu, Via Octavia Wahyudi Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Silat Hulu serta Tim Pengurus PKK Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan itu, Sekda Mohd Zaini mengucapan selamat datang kepada Tim Penilai Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Hulu yang telah sudi menyumbangkan tenaga dan pikirannya secara maksimal untuk kemajuan Desa Lebak Najah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Desa Lebak Najah Kecamatan Silat Hulu dipilih menjadi peserta lomba kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022 karena dianggap sebagai salah satu desa yang terbaik dari 3 kecamatan yang ikut lomba pada tingkat Kabupaten Kapuas Hulu setelah dinilai oleh tim kabupaten.

Baca Juga :  Pasien Isoman Wajib Tahu Kadar Saturasi Oksigen Normal

“Terbaik posyandu dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat dan Desa Lebak Najah ini adalah salah satu desa kampung KB dari 39 Desa Kampung KB yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, tahun ini dibina secara khusus oleh OPD dan mitra kerja yang tergabung dalam District Working Group (DWG),” ujarnya.

Namun demikian, menurut Sekda Zaini, sudah ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melakukan intervensi di kampung KB Desa Lebak Najah seperti Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Transmigrasi, Dinas Perikanan serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup.

“Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tim Penggerak Pkk Kabupaten dan dari kecamatan, Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Kapuas Hulu,” ujarnya.

“Bantuan-bantuan ini dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Lebak Najah sebagai mana yang telah kita lihat pada hari ini dimana lingkungan Desa Tanjung sudah tertata dengan baik, lahan pekarangan sudah dimanfaatkan dengan ditanami sayur-sayuran, tanaman hias maupun tanaman obat keluarga,” katanya.

Baca Juga :  Keluhkan Pemadaman Listrik, Masyarakat Nanga Ngeri Silat Hulu ke PLN: Tak Pakai Jadwal

Selain itu, tidak ketinggalan juga pembuatan Kolam ikan dan pemeliharaan ternak ayam sebagai bahan pemenuhan gizi keluarga serta semua rumah telah dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah dan tempat mencuci tangan serta WC.

Lebih lanjut, Mohd Zaini juga mengingatkan, setelah adanya penilaian lomba tersebut, bukan berarti selesai sampai disini, tapi harus terus mengembangkan ilmunya yang telah diberikan oleh Tim Pembina PKK Kabupaten, agar kedepannya Desa Lebak Najah mampu bersaing dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Saya berharap semoga Desa Lebak Najah bisa menjadi yang terbaik di kemudian hari dan menjadi desa percontohan bagi desa-desa lainnya”, pungkas Sekda Zaini.

Acara tersebut diakhiri dengan penilaian oleh tim penilai dari Provinsi Kalimantan Barat. (Ishaq)

Comment