Gubernur Sutarmidji Harapkan Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Cepat Selesai

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengharapkan agar rencana pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas 1 dapat segera direalisasikan dan cepat selesai.

Hal itu disampaikan Sutarmidji usai Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama anggota, mitra kerja Komisi V, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, melakukan peninjauan lokasi pembangunan jembatan, Selasa (12/07/2022).

“Kita bersyukur yang pertama tadi disampaikan Pak Wali (soal) duplikasi jembatan kapuas 1, duplikasi sudah ditandatangani Pak Menteri tinggal groundbreaking. Artinya penancapan tiang pertamanya–mau nancapkan tak nancapkan, penting cepat selesai,” katanya.

Guna mendukung proses pembangunan tersebut, Sutarmidji meminta agar PKL yang masih berjualan di area sekitar pembangunan untuk segera pindah.

“Dilanjutkan dengan Jalan Sultan hamid 2 sampai sana. PKL itu cepat cepat pindah nanti kalau udah itu ya. Jangan sampai nanti menghambat lagi. Maklumlah pusat ini kan banyak syaratnya, bangun ini bangun itu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji turut menyampaikan beberapa rencana pembangunan proyek fisik kedepan, diantaranya Jembatan Kapuas 3 yang Detail Engineering Design (DED)-nya sebentar lagi selesai. Untuk lokasinya pun sudah ditentukan oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga :  PPP Bukan Partainya Orang Tua

“Kemudian juga yang sudah tidak kalah pentingnya adalah (jalan) tol Pontianak-Sungai Kunyit dulu. Baru nanti Sungai Kunyit-Singkawang. itu FS-nya sudah. Nah jadi saya berharap ini semuanya bisa terealisasi dengan baik. Termasuk Jembatan Sungai Sambas Besar, progresnya tadi disampaikan Pak Syarif Abdullah lamban. Harus cepat,” pintanya.

Sutarmidji berharap, sebelum masa jabatan Presiden RI, Joko Widodo berakhir, proyek-proyek yang dijanjikan oleh pemerintah pusat untuk Kalbar hendaknya sudah dapat terlaksana.

“Itu kan janji beliau (Presiden Jokowi) harus selesai. Kita saling ingatkan lagi. Masalah-masalah lain juga saya minta, seperti misalnya untuk penataan kota supaya bagus, itu Sintang dibuat trotoar yang bagus kayak Pontianak. Sanggau (juga) ya,” katanya.

“Tadi juga disampaikan jalan perbatasan prioritas untuk ini. Kemudian Pak Boyman tadi juga menyampaikan jalan provinsi yang di Ketapang,” tambah Sutarmidji.

Ia pun mengaku bersyukur dengan adanya kunjungan kerja dari Komisi V DPR RI bersama mitra kerja komisi tersebut. Ia pun berharap, agar pelaksanaan proyek-proyek tersebut dapat berjalan sesuai rencana.

Baca Juga :  Pj Wako Ani Sofian Resmikan Toko Bakery Papa Cookies

“Kalau ada kendala (lapangan), mereka (mitra kerja) koordinasi saja dengan kita, mungkin kita bisa bantu selesaikan, kita tidak minta apa-apa,” katanya.

“Tanya mereka itu, pernah tidak saya tanya proyek apa, proyek apa, tidak. Proyek di APBD saja saya tidak mengurus apalagi proyek mereka. Jadi mereka kerja saja yang betul. Ditugaskan di Kalbar bangun Kalbar ini, jangan jadi batu loncatan untuk ini-itu saja. Bangun Kalbar,” tambahnya.

Pusat dan Daerah Bisa Saling Koordinasi

Disamping itu, Gubernur Sutarmidji turut mengharapkan adanya koordinasi yang baik, antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Hal itu demi kelancaran proses pembangunan yang ada di daerah tersebut.

“Saya lihat sebetulnya, kementerian semuanya koordinasinya baik, tapi kalau kita tegur dan tanya. Cuma maksud saya, sebelum kita (pemda) tanya, sebelum pemprov/pemda tanya, merekalah harusnya sampaikan segala sesuatu,” katanya.

“Misalnya tahun depan, kegiatan pembangunan mereka ini-itu, sampaikan ke kita. Apa yang perlu dibantu sampaikan ke kita. Ini tidak, sudah ada kendala baru ribut,” tambah Sutarmidji. (Jau)

Comment