Pertama di Kalbar! Universitas Panca Bhakti Pontianak Buka Prodi S1 Fisioterapi

KalbarOnline, Pontianak – Kabar baik bagi masyarakat maupun para orang tua yang ingin memfokuskan jenjang pendidikan anaknya pada bidang kesehatan. Karena saat ini, Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak secara resmi telah membuka Program Studi (Prodi) sarjana Strata Satu (S1) baru, yakni “Fisioterapi”.

Rektor UPB Pontianak, Purwanto menyampaikan, bahwa dengan dibukanya prodi ini, maka menjadikan jurusan keilmuan Fisioterapi tersebut menjadi yang pertama dan satu-satunya di Kalimantan Barat.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Ini menjadi suatu hadiah terindah pada periode kedua saya sebagai Rektor UPB Pontianak dengan hadirnya prodi Fisioterapi yang saat ini sudah mendapatkan izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia,” kata Purwanto.

Keunggulan Program Studi Fisioterapi Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak. (Foto: Istimewa)
Keunggulan Program Studi Fisioterapi Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak. (Foto: UPB Pontianak)

Fisioterapi merupakan bidang pengobatan terhadap penderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot dengan tujuan melatih otot tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Fisioterapi juga merupakan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan manusia.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Dinobatkan Sebagai Tokoh Percepatan Pembangunan

“Program studi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan di antaranya sebagai Praktisi Fisioterapi di Pusat Kebugaran/Kesehatan, memiliki Praktek Mandiri Fisioterapi, Homecare Fisioterapi, Konsultan Fisioterapi, Edukator Fisioterapi dan berbagai profesi lainnya yang berkaitan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Purwanto menerangkan, bahwa dalam pengimplementasian Prodi Fisioterapi ini, UPB Pontianak sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, baik dari sisi SDM dan juga kualifikasi yang sangat baik, sehingga tahun 2022 ini, Prodi Fisioterapi di UPB Pontianak sudah mulai dibuka.

“Ini men-support dengan kebutuhan peningkatan kesehatan. Karena Prodi Fisioterapi ini merupakan embrio kedepan untuk membuka program-program kesehatan yang linier di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan UPB Pontianak,” terangnya.

Brosur pendaftaran mahasiswa Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak. (Foto: Istimewa)
Brosur pendaftaran mahasiswa Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak. (Foto: UPB Pontianak)

Sebagai informasi, adapun syarat pendaftaran bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil Program Studi Fisioterapi di UPB Pontianak, diantaranya sebagai berikut:

  1. Fotocopy ijazah SMA sederajat yang dilegalisir (bagi yang belum mendapatkan ijazah dapat melampirkan Raport SMA).
  1. Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
  1. Foto berwarna ukuran 4×6.
  1. Melampirkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna.
  1. Tinggi badan minimal, Pria 155 CM dan Wanita 150 CM.
Baca Juga :  Mahasiswa KKN UPB Pontianak Sosialisasikan Bahaya Narkoba di SMAN 1 Teluk Pakedai

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi Universitas Panca Bhakti di sini https://upb.ac.id/pmb-2022-2023/

Comment