by

Sutarmidji Sependapat dengan Jokowi: Rakyat Menaruh Harapan Besar kepada Polri

KalbarOnline, Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri, karena kewenangan Polri sangat besar. Hal ini didukung oleh organisasi Polri yang menembus sampai tingkat desa, dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Dimanapun anggota Polri bertugas, mereka selalu dalam pengamatan rakyat. Anggota Polri selalu dalam penilaian rakyat, apakah perilaku anggota Polri sesuai dengan harapan rakyat atau tidak,” ujar Jokowi saat memimpin peringatan HUT Bhayangkara ke-76, Selasa (05/07/2022), sebagaimana dikutip Channel YouTube Sekretariat Presiden.

Peringatan HUT Bhayangkara ke-76 2022 mengusung tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”. 

Secara seremonial, upacara peringatan ini diselenggarakan di Kampus Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.

Di sisi lain, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji yang ikut menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-76 Bhayangkara di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, sependapat dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi.

“Seperti yang disampaikan Presiden, Polri tetap bertugas dan bersentuhan dengan masyarakat setiap waktu dan kapanpun. Hal itu pasti akan dinilai dan dilihat masyarakat. Sehingga, penegakan hukum apapun harus bersifat humanis,” katanya.

“Penegakkan hukum adalah jalan terakhir kata presiden. Tetapi, yang terutama adalah bagaimana bisa menjaga kondisi yang kondusif tapi humanis,” tambahnya.

Sejauh ini, hubungan antara Pemprov Kalbar dengan Polda Kalbar sangat harmonis dan selalu bersinergi demi menjaga kondusifitas Kalimantan Barat.

“Saya yakin Kapolda Kalbar mampu melakukan itu, dan sinergitas antara Pemprov Kalbar dan Polda Kalbar sangat bagus. Sehingga, semua bisa diselesaikan secara humanis,” ujarnya.

Selain aturan yang ditegakkan, polisi juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar suatu aturan yang ada dapat dipahami secara baik, sehingga masyarakat bisa hidup tenang dan harmonis.

BACA JUGA:  Pemkot Target Dongkrak Nilai LAKIP

“Sekali lagi, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan seluruh masyarakat Kalbar, saya mengucapkan selamat dan sukses selalu, terus berinovasi untuk menjadikan Polri sebagai lembaga yang sangat dipercaya oleh masyarakat dimanapun berada,” ujar Sutarmidji. (Jau)

Comment