Pemkab Ketapang Peringati HBD Kalbar 2022

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melaksanakan upacara peringatan Hari Berkabung Daerah (HBD) Kalimantan Barat (Kalbar) di halaman kantor bupati  Ketapang, Selasa tanggal 28 Juni 2022 pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilo dalam upacara itu bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan pidato Gubernur Kalbar, Sutarmidji di hadapan para peserta upacara.

Dalam pidato tersebut, Sekda menyampaikan, peringatan HBD Kalbar merupakan salah satu cara untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya generasi muda, akan perjuangan masyarakat Kalbar melawan kekejaman penjajahan, khususnya pada masa penjajahan Jepang.

Baca Juga :  Asisten Setda Ketapang Lantik 15 Pejabat Fungsional Ahli Muda dan Ahli Madya

“Jadikanlah Hari Berkabung Kalbar 2022 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat generasi muda, untuk membangun negeri dengan dasar rasa kecintaan terhadap tanah air,” ucapnya.

Untuk dapat diimplementasikan dalam membangun, dan mempersatukan masyarakat Kalimantan Barat khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sekda juga memintakan kepada semua pihak agar menanamkan rasa kepedulian dan kebersamaan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, dalam mengatasi berbagai masalah yang melanda bangsa ini.

“Mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterpencilan, kesehatan sampai bencana alam serta masalah sosial lainnya,” ungkapnya.

“Kita harus bersyukur bisa menikmati alam kemerdekaan seperti yang kita rasakan bersama saat ini, karena para pendahulu kita merebut kemerdekaan dengan susah payah, memerlukan pengorbanan luar biasa baik harta maupun jiwa,” jelasnya.

Baca Juga :  Realisasi Program Beasiswa Prestasi CMI Disambut Gembira

Oleh karena itu menurut sekda, HBD yang diperingati pada hari ini dilaksanakan dengan mengedepankan upaya menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan.

“Dan bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya,” tandas sekda.

Hari Berkabung Kalbar 2022 tahun ini mengangkat tema “Lanjutkan Perjuanganku Wahai Generasi Penerus Bangsa”. Upacara ini diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Ketapang dan seluruh Kepala OPD serta tamu undangan lainnya. (Adi LC)

Comment