Di Sambas, HUT Bhayangkara Dimeriahkan dengan Lomba Sampan

KalbarOnline, Sambas – Masih dalam rangka kemeriahan HUT Bhayangkara ke-76, Polres Sambas bersama pemerintah daerah dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Sambas, menggelar kegiatan lomba sampan bidar.

Kegiatan ini secara resmi dibuka di Keraton Alwatzikhoebillah Desa Dalam Kaum, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Sabtu pagi tanggal 25 Juni 2022.

Kapolres Sambas, AKBP Laba Meliala, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lomba sampan bidar adalah suatu budaya dan kearifan lokal yang masih bertahan hingga saat ini dan masih diminati oleh masyarakat.

“Hal ini terlihat dengan jumlah yang ikut dalam perlombaan, sebanyak 84 peserta,” ujarnya.

Kapolres pun berharap, perlombaan ini dapat berlangsung dengan sportif. Kalah dan menang menurutnya adalah hal biasa. Namun yang terpenting adalah–melalui kejuaraan ini–silaturahmi dan persatuan antar sesama tetap terjaga.

Baca Juga :  Sertijab Camat Jawai dan Tekarang, Atbah: Jangan Sampai Sambas Krisis Generasi Muda Berprestasi

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi menyampaikan, bahwa peminat olahraga dayung di kabupaten Sambas cukup banyak. Sehingga kegiatan seperti ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan.

“Dengan adanya perlombaan dayung bidar ini semoga bisa melahirkan bibit-bibit atlet dayung yang akan mengharumkan nama Kabupaten Sambas,” ujarnya.

Tak hanya sebagai ajang perlombaan, Fahrur Rofi berharap, kedepan kejuaraan ini dapat pula menjadi daya tarik tersendiri bagi kunjungan para wisatawan.

“Selain itu, lokasi geografis Kabupaten Sambas yang dilintasi sungai yang cukup besar seharusnya menjadi potensi yang sangat baik untuk pariwisata ataupun hal lain yang terkait dengan hal tersebut,” terangnya.

Baca Juga :  Semarakan Hari Bhayangkara, Polres Sintang Gelar Sunatan Massal

Sementara itu, Ketua Podsi Sambas, Parli menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Sambas yang telah memfasilitasi hingga terlaksananya lomba dayung sampan bidar ini.

“Semoga momen seperti ini dapat terlaksana secara rutin, dan kami berharap perlombaan ini berlangsung dengan sportif,” harapnya.

Sebelumnya, tampak hadir pula dalam acara pembukaan, diantaranya Ketua DPRD Sambas, Abu Bakar, Kajari Sambas, Agita Tri Moertjahjanto, Kepala Pengadilan Negeri Sambas, Sulistyo Muhamad Dwi Putro, Pasi Intel Kodim 1208/Sambas, Kapten Kav. Laode M Syahrir, Pangeran Ratu, M Tarhan, Kadisparpora Sambas, I Ketut Sukarja, Podsi Kalbar, Jumadi, PJU Polres Sambas dan Ketua FKUB Kabupaten Sambas, Topitri. (Jau)

Comment