Peringati Bulan Bung Karno PDI Perjuangan Kalbar Gelar Festival Sajian Kuliner Nusantara

KalbarOnline, Singkawang – Guna memperingati Bulan Bung Karno 2022, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) PDI Perjuangan Kalbar dan DPC PDI Perjuangan Kota Singkawang, menggelar Festival Sajian Kuliner Nusantara di Waterfront Kuala Kota Singkawang, Sabtu (25/06/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalbar, Malin, dengan melakukan barbeku dan makan ikan bersama masyarakat. 

Dalam sambutannya mewakili Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus, Malin menyampaikan bahwa salah satu tujuan diadakannya festival ini adalah dalam rangka mempopulerkan cara masak tanpa minyak goreng. 

“Bagi kami keluarga besar PDI Perjuangan, bulan Juni ini merupakan bulan istimewa karena kami selalu rutin mengadakan Bulan Bung Karno. Festival Sajian Kuliner Nusantara yang kita adakan sekarang merupakan bagian dari rangkaian Bulan Bung Karno,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Malin menuturkan, festival sajian kuliner nusantara ini diadakan secara serentak oleh pengurus PDI Perjuangan di seluruh Indonesia. Kegiatan serupa disebut Malin, turut dihelat oleh DPP PDI Perjuangan di Jakarta Convention Center yang dalam pelaksanaannya diisi pula dengan lomba memasak. Sebanyak 10 orang kader PDI Perjuangan asal Kalbar ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. 

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Teken MoU bersama Komnas HAM di Harjad ke-22 Kota Singkawang

Malin juga menambahkan, bahwa selain festival sajian kuliner nusantara, DPD PDI Perjuangan Kalbar turut melaksanakan berbagai agenda lain dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno. Sejumlah agenda yang diadakan antara lain penghijauan, tur kebangsaan, senam sicita, dan lomba melukis bertema Bung Karno. 

“Kita ada banyak kegiatan di Bulan Bung Karno. Beberapa yang sudah kita adakan, seperti penanaman dan pemeliharaan pohon, senam sicita, dan lomba melukis dengan tema Bung Karno. Yang dalam waktu dekat akan kita adakan adalah touring kebangsaan,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala BPEK PDI Perjuangan Kalbar, Niken Tia Tantina menyebut, festival ini sebagai refleksi sajian kuliner nusantara dari buku kuliner Mustika Rasa yang dikarang Bung Karno. 

Baca Juga :  Insiden Cegat Mencegat Rombongan Ketua DPD PDIP Lasarus Hanya Settingan?

Politikus yang juga merupakan Anggota DPRD Kalbar dapil Singkawang-Bengkayang itu berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat Singkawang akan kekayaan kuliner nusantara. 

“Betapa Bung Karno itu mencintai kekayaan kuliner nusantara, sampai-sampai beliau menulis buku Mustikarasa yang isinya itu kumpulan resep masakan dari berbagai daerah. Nah, melalui festival seperti ini, mudah-mudahan kecintaan Bung Karno terhadap masakan Nusantara dapat kita warisi,” ucapnya. 

Festival Sajian Kuliner Nusantara turut dihadiri Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto, sejumlah anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalbar dan para pengurus DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat. 

Kegiatan tersebut turut diikuti para pengurus PDI Perjuangan Singkawang dan ratusan masyarakat Kota Singkawang. (Jau)

Comment