by

Sekda Kalbar Buka Acara Muswil VIII Pemuda Pancasila Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, membuka secara resmi Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII Pemuda Pancasila Provinsi Kalbar di Hotel Mahkota Pontianak, Rabu (22/06/2022).

Dalam sambutannya ia menyampaikan, bahwa Pemuda Pancasila merupakan organisasi yang keberadaannya sangat dirasakan oleh masyarakat. 

“Sejak awal pembentukannya, Pemuda Pancasila turut memberi andil dalam perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Harisson.

“Oleh sebab itu, diharapkan Pemuda Pancasila dapat terus menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan daerah serta memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” harapnya.

Lebih lanjut, Harisson menyampaikan, pelaksanaan Musyawarah Provinsi Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila menjadi bukti pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013,  tentang Organisasi Kemasyarakatan. Pemuda Pancasila, disampaikannya, merupakan organisasi kemasyarakatan yang jelas memiliki Anggaran Dasar/Rumah Tangga, kepengurusan yang jelas dan juga memiliki legalitas.

“Legalitas ini penting sebagai jaminan bagi Pemuda Pancasila untuk melaksanakan kegiatan dan aktivitas organisasi,” tuturnya.

Melalui muswil ini pula, diharapkan akan membuahkan kesepakatan yang sangat penting dan berguna bagi perkembangan organisasi Pemuda Pancasila. 

“Saya mengingatkan, sebagai sebuah organisasi yang menjunjung nilai-nilai Pancasila, agar dalam pelaksanaannya mengedepankan musyawarah untuk mufakat. Apabila terjadi perbedaan pendapat, hendaklah bersama kita bermufakat dengan hati tenang dan kepala dingin agar tujuan organisasi dapat tercapai,” ucap Sekda Kalbar.

Lebih jauh ia mengatakan, Pemuda Pancasila dituntut untuk membangun nilai kebersamaan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia, khususnya para generasi muda. Harisson turut berharap, Pemuda Pancasila mampu menyatu dengan masyarakat dan meleburkan  perbedaan yang ada, sehingga semangat  nasionalisme dan cinta tanah air yang ada dapat mengantisipasi potensi perpecahan dikalangan masyarakat.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap penyelenggaraan Musyawarah Wilayah Pemuda Pancasila Kalimantan Barat ini,” tutur Harisson.

BACA JUGA:  Mission Complete, Gelora Khatulistiwa Bersih dari Bangunan Liar, Kajati Kalbar: Warga Telah Ikhlas

“Mari bersama kita junjung tinggi nilai Pancasila bermusyawarah untuk mufakat, demi menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Harisson. (Jau)

Comment