by

Disparbud Adakan Festival Dendang Melayu Ketapang 2022

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang menggelar Festival Dendang Melayu Ketapang tahun 2022 di Citymall Ketapang, Rabu (22/06/2022) malam.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Ketua DPRD Ketapang itu diikuti oleh 12 orang peserta, yang terdiri dari 6 pria dan 6 wanita. 

Bupati Ketapang, dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Sekda Kabupaten Ketapang, Edi Radiansyah, mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil masuk babak Grand Final Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang Tahun 2022. 

Bupati Ketapang juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang yang telah bekerja dengan kompak, sehingga acara Grand Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang tahun 2022 dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan. 

“Pendidikan, kepemudaan, membangun sumber daya manusia, semuanya itu tertuang lewat kreatifitas seni, terutama seni musik–dalam hal ini tentunya seni musik Melayu,” ujarnya.

Seperti diketahui, etnis dan budaya di Bumi Tanah Ketapang ini sangatlah beragam, ada Melayu, Dayak, Cina, Jawa, Batak, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

“Saya berharap acara Festival Dendang Melayu ini akan tetap eksis setiap tahunnya, usaha ini dilakukan agar seni budaya lokal yang ada di Kabupaten Ketapang tidak hilang ditelan jaman,” tutup Bupati Ketapang. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M Febriadi, dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta panitia yang telah mengundang dan memberikan kesempatan kepada dirinya untuk memberikan sambutan pada acara malam ini.

Febriadi mengaku, kalau pihaknya sangat mendukung acara festival seperti ini, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan adat dan budaya terutama budaya Melayu di Kabupaten Ketapang. 

“Teruslah berbuat untuk terus melestarikan adat dan budaya Melayu agar adat dan budaya yang ada di tanah air maupun di Kabupaten Ketapang ini tidak hilang ditelan zaman dan ditelan oleh budaya-budaya dari luar negeri,” harap Febriadi. 

BACA JUGA:  Sutarmidji Hadiri Ritual Adat Narokng Padi Ngabayotn Sanagari di Singkawang

Febriadi juga menyatakan salut dan bangga kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang yang terus berbuat dan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya melestarikan berbagai adat dan budaya di Kabupaten Ketapang. Dan kepada para peserta yang mengikuti Festival Dendang Melayu ini ia mengucapkan selamat berlomba.

“Saya mengucapkan selamat berlomba. Semoga yang menang dapat terus mengasah kemampuan dalam berdendang Melayu, dan yang kalah terus berlatih dan jangan kecewa,” pesan Febriadi. 

Ketua Panitia kegiatan Samson Noven mengatakan, kegiatan itu juga merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka menggali potensi ekonomi kreatif.

“Dalam hal ini kesenian budaya Melayu yang ada di Kabupaten Ketapang, sekaligus mempromosikannya. Terutama bagi generasi muda penerus bangsa yang ada di Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, lanjut Samson, sebagai wadah apresiasi seni dan berkompetisi untuk meraih prestasi bagi generasi muda Kabupaten Ketapang dan sebagai ajang silaturahmi, serta membina persahabatan antar pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. 

“Sebagai sarana media promosi ekonomi kreatif, dalam hal ini kesenian budaya Melayu, dan menyajikan acara hiburan yang bermutu sekaligus mendidik masyarakat Ketapang untuk sadar akan pentingnya pelestarian seni budaya Melayu Ketapang,” ujarnya. 

Samson kemudian menjelaskan, sebelumnya, kegiatan pendaftaran peserta ini dimulai 2 Juni sampai dengan 17 Juni 2022 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang Bidang Ekonomi Kreatif.  

Tahapannya antara lain technical meeting, pengambilan nada dan pengambilan nomor urut tampil yaitu pada Senin tanggal 20 Juni 2022, dimulai pukul 13:00 WIB sampai selesai di Citimall Ketapang. 

Sedangkan untuk babak audisi seleksi/penyisihan peserta pada hari Selasa, 21 Juni 2022 Jam 19.30 WIB sampai selesai di Citimall Ketapang. 

BACA JUGA:  Dongkrak Sektor Pariwisata, Pemkab Sanggau Dorong Keterlibatan Masyarakat

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Festival Dendang Melayu Ketapang 2022 berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 18 orang pria dan 21 orang Wanita, dimana peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, utusan OPD dan umum. 

“Masing-masing pemenang akan menerima uang tunai, piagam plus trophy,” ungkapnya.

Berikut Daftar Pemenang Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang Tahun 2022:

Pria

  1. Indra Kurniawan
  2. Rendy Juliansyah
  3. Yani Purwanto
  4. Ilham Nasir
  5. Pramudio Egi Guntara
  6. Sudarjianto 

Wanita

  1. Eva Firnasari
  2. Cindy Gestriani
  3. Yuni Kartika
  4. Melli Nur Aisyah
  5. Pusi Ulandar
  6. Brigita Herni

Penulis: Adi LC.

Comment