Wagub Ajak Wisudawan IAIS Sambas Dongkrak IPM Kalbar

KalbarOnline, Sambas – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Prabasa Anantatur, menghadiri kegiatan Wisuda XII Program, Diploma, Sarjana, Magister, dan Dies Natalis XVI Institut Agama Islam (IAIS) Sultan Muhammad Syaifuddin Sambas, di Auditorium IAIS Sambas, Rabu (22/06/2022).

Seremonial wisuda yang dipimpin langsung Rektor IAIS Sultan Muhammad Syaifuddin, Jamiat Akadol tersebut, turut pula dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng dalam rangka Dies Natalis ke-XVI oleh Rektor IAIS Sambas, serta penyerahan penghargaan kepada lulusan berpredikat terbaik, tercepat, dan termuda.

Mengawali sambutannya, Wagub Kalbar turut memberikan apresiasinya kepada para wisudawan serta wisudawati yang telah dikukuhkan. Beliau berharap, mereka dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya, karena tidak ada batasan dalam menuntut ilmu.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang hari ini telah diwisuda. Mudah-mudahan kedepannya bisa melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi, tidak hanya sampai disini,” tutur Norsan di hadapan para hadirin.

Baca Juga :  Gabsis U-15 Optimis Wakili Kalbar

Wagub Kalbar juga menyampaikan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) tidak akan pernah habis, berbeda dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa habis.

“Kita lihat saja orang yang punya ilmu pengetahuan yang tinggi, maka daerah tersebut akan maju. Contohnya saja negara Singapura yang bisa dikatakan Sumber Daya Alam tidak ada, tetapi mereka punya SDM yang andal,” jelas Norsan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wagub Kalbar berharap, agar seluruh wisudawan dan wisudawati IAIS turut mampu mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Kalimantan Barat yang masih rendah.

“Banyaknya wisudawan atau wisudawati yang telah diwisuda hari ini diharapkan dapat mendongkrak IPM Kabupaten Sambas dan IPM Provinsi Kalimantan Barat,” harapnya.

Baca Juga :  Pimpin Sertijab Camat Teluk Keramat dan Paloh, Atbah: Bangun Komunikasi Yang Membangun

Sebelumnya, dalam sambutan yang disampaikan Rektor IAIS Sambas dijelaskan, bahwa kaum perempuan cukup mendominasi pada acara wisuda kali ini.

“Dari total 227 peserta wisuda hari ini kebanyakan kaum perempuan. Ini sangat mengagumkan karena mereka tidak hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi bisa menjadi pemimpin bangsa dan membangun karir untuk menuju kesuksesan,” ucap Jamiat Akadol.

Rektor Jamiat pun berharap kepada para wisudawan dan wisudawati agar bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi keluarga dan orang sekitarnya. Mereka juga diharapkan mampu menaikkan nilai pendidikan di Kabupaten Sambas.

“Wisudawan dan wisudawati diharapkan dapat menjadi orang yang sukses dan mengaplikasikan ilmunya bagi masyarakat. Jika ingin meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya, bisa di kampus Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifuddin Sambas, tidak perlu jauh-jauh menempuh pendidikan dari luar Sambas,” tutup Rektor IAIS Sambas. (Jau)

Comment