by

Benar-benar Hadir untuk Masyarakat di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Tandu Warga Pergi Berobat ke Rumah Sakit

KalbarOnline, Sanggau – 7 orang personel Pos Panga yang dipimpin Serda Gery Khatulistiwa, menandu salah seorang warganya, Cosmas Acung, yang tinggal di Dusun Panga Bintawa, Desa Semanget Kecamatan Entikong–untuk melakukan medical check-up pasca operasi ke Rumah Sakit Umum Sanggau, Rabu (22/06/2022).

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau menerangkan, hal ini harus dilakukan ketujuh personelnya lantaran jembatan di Dusun Panga sebagai akses satu-satunya warga setempat, tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 atau mobil ambulance.

“Untuk mengevakuasi sampai melintasi jembatan menuju RS Umum Sanggau, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara menggunakan tandu dan berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 5 kilometer,” terang Dansatgas. 

Sebelumnya, Letkol Inf Hudallah menjelaskan, bahwa proses evakuasi warga ini berawal dari Danpos Panga, Letda Inf Gugun yang mendapat laporan dari anggotanya, tentang adanya salah seorang warga Panga yang akan melakukan chek-up pasca operasi ke RS Umum Sanggau.

“Untuk itu warga meminta bantuan kepada TNI Satgas Pamtas untuk mengevakuasi dari rumah Bapak Cosmas Acung melewati jembatan Dusun Panga yang hanya bisa dilewati dengan motor,” ujarnya.

Menindaklanjuti harapan warga tersebut, Danpos pun kemudian mengirimkan 7 orang anggota Pos Panga untuk membantu mengangkat tandu sampai melintasi jembatan dan kemudian menaikkan Cosmas Acung ke mobil ambulance, supaya bisa sampai ke tempat tujuan RS Umum Sanggau.

“Anggota Pos Panga bersama warga secara bergantian menandu Bapak Cosmas Acung sampai melintasi jembatan sampai menaikkannya ke mobil menuju RS Umum Sanggau, hal ini merupakan bagian dari respon cepat Satgas Pamtas terhadap kesulitan warga sekitar,” tutur Dansatgas.

Terpisah, Danpos Panga, Letda Inf Gugun mengatakan, kalau kegiatan tersebut tak lain untuk menanamkan sikap toleransi di antara warga Dusun Panga serta respon cepat anggota Pos Panga terhadap kesulitan warga binaannya di perbatasan.

BACA JUGA:  Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Limpahkan Barang Bukti Sabu Seberat 27,333 Kg ke Polda Kalbar

“Kami akan selalu merespon cepat setiap warga yang membutuhkan bantuan, hal ini sebagai wujud nyata bahwa TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan siap mengatasi kesulitan rakyat,” jelas Danpos.

Sementara itu, Cosmas Acung, mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari anggota Pos Panga yang telah membantu menandu dirinya sampai dengan melewati jembatan untuk bisa menaiki mobil ambulance. (Jau)

Comment