Wagub Kalbar bersama Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati Lepas Keberangkatan Jemaah Kloter 2

KalbarOnline, Pontianak – Dari Aula Arafah Asrama Haji Batam, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan bersama sejumlah bupati dan wakil bupati melepas keberangkatan para Calon Jemaah Haji (CJH) Kalbar kloter 2 ke Madinah, Kamis (16/06/2022).

Adapun bupati dan wakil bupati yang hadir kala itu diantaranya, Bupati Kabupaten Mempawah, Erlina, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal, Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Wabup Kalbar menyampaikan, tidak semua umat Muslim di Kalbar dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini, untuk itu ia berharap, agar seluruh CJH asal Kalbar yang berkesempatan berangkat ini, dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat berada di tanah suci Mekkah.

Baca Juga :  Tekankan 8 Arahan Presiden, Pj Gubernur Kalbar Yakin Sintang Mampu Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

“Gunakan waktu di Madinah dan Mekkah sebaik-baiknya, semaksimal mungkin, berdoa serta memohon ampun di tempat yang mustajab,” terangnya.

Selama menjalankan ibadah di tanah suci, Norsan juga meminta agar CJH selalu menjaga kesehatan dan juga hati.

“Bapak ibu akan menjalankan rukun-rukun ibadah haji saat di padang arafah 9 Dzulhijjah, kesehatan terpenting. Kedua yang harus ditanamkan adalah kesabaran yang sangat tinggi,” pesannya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Dampingi Panglima TNI Tinjau Karhutla di Mempawah

“Selalu bertawakal. Serahkan semua yang ditinggalkan di rumah, kita sendiri di perjalanan serahkan kepada Allah SWT. Kita harus fokus untuk beribadah, bisa jadi (kesempatan ini) tidak akan terulang untuk kedua kalinya,” jelasnya.

Mantan Bupati Mempawah itu juga mengingatkan, bahwa CJH berangkat dari Kalbar–dengan berbagai asal daerah–untuk menjaga hubungan yang santun satu dengan lainnya.

“Jemaah haji Indonesia terkenal dengan keramahannya. Tolong dijaga nama baik negara Indonesia. Pergi niat dengan ibadah kepada Allah dan pulang selamat, semoga menjadi haji yang mabrur,” tutup Ria Norsan. (Jau)

Comment