by

Bertemu Presiden Jerman, Jokowi Bahas Situasi Dunia Terkini

KalbarOnline, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan kedua kepala negara ini banyak membahas mengenai hubungan politik antar negara serta situasi dunia saat ini.

Jokowi mengatakan berbagai isu strategis menjadi bahan pembicaraan yang hangat diperbincangkan. Salah satunya yakni mengenai jalinan hubungan yang selama ini sudah terjalin baik antara kedua negara. 

“Di pertemuan empat mata tadi,  kita sudah membahas banyak hal baik mengenai hubungan Indonesia-Jerman maupun situasi dunia saat ini,” kata Jokowi, seperti dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/05/2022).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga tidak lupa menawarkan kerja sama dalam upaya menguatkan sektor ekonomi. Utamanya mengenai hubungan ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jerman.

“Dalam pertemuan ini akan kita lanjutkan untuk membahas kerja sama ekonomi bilateral,” sambung Jokowi. 

Jokowi menyebut, 2022 ini menjadi tahun peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Karenanya mesti dijadikan momentum untuk semakin memperkuat kemitraan yang telah terjalin sejak tahun 1952. 

“Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer Documenta Fifteen di Jerman, yang menggandeng kelompok seniman Indonesia Ruangrupa, yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Steinmeier,” ujar Jokowi.  

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan kedatangan Presiden Steinmeier ke Indonesia menandakan hadirnya sebuah inklusivitas yang tinggi. Sehingga dia menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam terhadap Negara Jerman. 

“Sekali lagi saya ingin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Steinmeier dan rombongan Jerman di Indonesia. Tentunya ini merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini,” pungkas Jokowi. (Jau)

BACA JUGA:  Puncak Haornas 2020, Menpora Usung Tiga Tema Demi Kemajuan Olahraga

Comment