Pemprov DKI Bakal Renovasi GKJ

KalbarOnline, Jakarta – Gubernu DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berencana melakukan renovasi terhadap Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Hal ini terungkap dari hasil pertemuannya dengan tokoh nasional, Jaya Suprana, di Kantor Balai Kota DKI Jakarta Kamis, (13/06/2022).

Dalam pertemuan itu, dua sahabat tersebut turut mendiskusikan tentang budaya Indonesia dan juga ungkapan terimakasih dari Jaya untuk Anies karena telah mendukung pelestarian budaya di Jakarta.

“Terima kasih pak Anies. Dukungan bapak bagi Wayang Orang Bharata sangat tepat. Budaya tradisi memang perlu dibantu, kalau tidak mereka akan punah. Dan jika punah tidak akan pernah kembali lagi,” kata Jaya.

Baca Juga :  Rangkaian HSP 2023, Kadispora Kalbar Serahkan Bingkisan dan Sembako ke Yayasan Bhakti Luhur dan Panti Asuhan Hidayatul Muslimin

Kemudian terkait rencana renovasi GKJ, Jaya mengaku, sebagai pemusik ia sangat concern dengan kondisi GKJ saat ini yang terbengkalai. Namun Jaya bersyukur, bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah punya rencana untuk merevitalisasi gedung tersebut, bukan saja secara fisik, tetapi juga dalam hal business model yang akan dijalankan

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Ingatkan Kaum Muda Tetap Jaga Tradisi Budaya Warisan Nenek Moyang

“Sudah ada rencana Pak Jaya, tetapi terhenti cukup lama akibat pandemi Covid-19,” kata Anies kepada Jaya.

Rencananya, GKJ akan dikembangkan dan dikelola oleh swasta, dimana Pemprov DKI Jakarta punya hak untuk memanfaatkan selama jumlah hari tertentu dalam setiap tahunnya.

“Di hari-hari itulah akan dimanfaatkan oleh para seniman kita secara free,” kata Anies sambil menghubungi Dr Iwan Henry Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan DKI, untuk memastikan rencana tetap berjalan. (Rilis/Jau)

Comment