Jelang Idul Adha, Pontianak Antisipasi Sapi Terpapar PMK

Wako Edi Kamtono: Stok Sapi dan Kambing Terpenuhi

KalbarOnline, Pontianak – Kebutuhan daging sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah meningkat.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memastikan kondisi sapi di Kota Pontianak, khususnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah dapat diantisipasi.

“Sebenarnya sudah diantisipasi, yang penting kiriman sapi dari luar dapat dikontrol. Mudah-Mudahan dalam waktu dekat ketersediaan daging sapi dan kambing terpenuhi,” katanya, Senin, 13 Juni 2022.

Edi Kamtono menjelaskan, hingga hari ini, setiap sapi di Kota Pontianak terus dilakukan penyembuhan. Tindakan itu berdasarkan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Kalbar dan ahli hewan.

Baca Juga :  Arena Permainan Anak di Pontianak Siap Beroperasi Terapkan Prokes

“Kita bisa proteksi dari luar,” ujar Edi Kamtono.

Mencegah terjadinya penyebaran kepada hewan lainnya, Edi Kamtono meminta dinas terkait untuk bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalbar agar dilakukan karantina terhadap hewan ternak yang masuk.

“Perlu pengawasan ekstra, karena sudah beberapa kali penyakit ini masuk ke Kalbar. Tentu sudah ada mekanisme penanganan,” ungkap Edi Kamtono.

Edi Kamtono menyebut, meski penyakit ini tidak menular pada manusia, namun dia ingin setiap hewan ternak yang ada di Kota Pontianak tetap dalam keadaan sehat.

Baca Juga :  Milad ke 20, SMA Muhammadiyah Putussibau Gelar Sejumlah Kegiatan

“Yang penting ternaknya sehat, dicek sumber penyakitnya dari mana,” imbuh Edi Kamtono.

Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin menambahkan, perlunya karantina kiriman sapi dari Jawa. Dia menyebut, pihaknya melalui Komisi II akan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mencari solusi terbaik.

“Semoga dinas terkait segera melakukan antisipasi. Apalagi menjelang Idul Adha, libatkan dokter hewan juga,” pungkas Edi Kamtono. (J)

Comment