Ngampun, Tradisi Dayak Iban untuk Kembalikan Keseimbangan Kosmis

KalbarOnline.com – Masyarakat Adat Dayak Iban Menua di Sungai Utik, Kapuas Hulu, Sabtu, 11 Juni 2022, akan melaksanakan ritual Ngampun pada perayaan Gawa’ (Gawai) atau pesta panen.

Ritual Ngampun merupakan ritual penutup dari rangkaian perayaan Gawa’ (Gawai), yaitu perayaan syukur atas hasil panen dalam satu masa tanam.

Ngampun dapat diterjemahkan sebagai ritual tolak bala dalam adat Dayak Iban sekaligus sebagai rangkaian ritual untuk mengembalikan keseimbangan kosmis dalam satu komunitas dengan menghantarkan kembali roh para leluhur dan Orang Panggau (Orang Khayangan) kembali ke dunianya.

Ritual Ngampun ini sebagai langkah untuk membersihkan kampung dari berbagai hal yang tidak tampak (roh para leluhur) dan untuk kembali menyeimbangkan energi yang ada di dalam kampung setelah dikunjungi tamu dari berbagai tempat dengan energi mereka masing-masing.

Dalam perayaan Gawa’ ini dilakukan rangkaian ritual baik untuk seisi rumah panjang maupun ritual pribadi bagi setiap bilik.

Baca Juga :  Warga Dayak Minta Permudah Seleksi Masuk TNI, Prabowo Subianto: Sudah Saya Bicarakan dengan Komisi I

Saat perayaan Gawa’, jiwa para leluhur dipanggil untuk ikut hadir dan merayakan pesta syukur melalui sesajian (pedara’) dan tabuhan gendang yang meriah pada malam sebelum Gawa’.

Ngampun, Tradisi Dayak Iban untuk Kembalikan Keseimbangan Kosmis
Ritual Ngampun merupakan ritual penutup dari rangkaian perayaan Gawa’ (Gawai), yaitu perayaan syukur atas hasil panen dalam satu masa tanam (Foto: Istimewa)

Roh baik maupun roh jahat semua diundang untuk hadir dan merayakannya bersama. Saat perayaan selesai, roh para leluhur dan Orang Panggau (Orang Khayangan) yang diundang dan turut hadir selama perayaan Gawa’ berlangsung akan dihantar pulang melalui rangkaian ritual Ngampun tersebut.

Ketua Badan Pelaksana Harian AMAN Kapuas Hulu, Herkulanus Sutomo Manna menyampaikan bahwa Ritual Ngampun ini sebagai langkah untuk membersihkan kampung dari berbagai hal yang tidak tampak (roh para leluhur) dan untuk kembali menyeimbangkan energi yang ada di dalam kampung setelah dikunjungi tamu dari berbagai tempat dengan energi mereka masing-masing.

Rangkaian ritual dipimpin oleh Tuai Rumah, ketua rumah panjang, pada sore hari dan diawali dengan penjelasan aturan dan garis besar ritual. Kemudian kampung akan ditutup dengan memasang palang dan pengumunan di gerbang masuk sejak pukul 18.00 malam hingga pukul 06.00 pagi.

Baca Juga :  Masyarakat Dayak Kalimantan Siap Kawal Pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara

Dalam kurun waktu tersebut tidak boleh ada yang keluar masuk kampung. Seluruh anggota komunitas akan masuk kedalam biliknya, tidak ada yang boleh turun dari rumah dan akan dikenakan sanksi adat yang berat bagi siapa pun yang melanggar aturan ini.

Suasana kemudian akan menjadi sunyi senyap, selama suasana senyap inilah kampung akan menjalani “pembersihan” sebelum memulai kehidupan baru keesokan harinya.

Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat, Sjamsul Hadi mengatakan melalui ritual Ngampun ini menjadi simbolisasi semangat pertemuan G20 pada tahun ini, yaitu “Bersama-sama pulih, untuk menjadi lebih kuat”.

Comment