Bupati Kapuas Hulu Hadiri Gawai Dayak Iban di Dusun Lauk Rugun

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, melakukan peninjauan proses renovasi rumah betang dan menghadiri Gawai Dayak Iban di Dusun Lauk Rugun, Desa Rantau Prapat, Kecamatan Embaloh Hulu, Minggu (12/06/22) siang.

Pada Kesempatan itu, Bupati Kapuas Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa masyarakat adat patut bersyukur bisa melaksanakan gawai Dayak di Lauk Rugun, Desa Rantau Rapat.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Dimana gawai Dayak ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas berkat yang berlimpah dan rejeki yang diterima sepanjang tahun yang lalu,” ungkapnya.

“Dan tentu kita berharap ada berkat juga di tahun berikutnya, oleh sebab itu kita merayakan dengan sukacita, sekaligus melestarikan adat dan budaya kita,” sambung bupati. 

Baca Juga :  Pimpinan BRI Putussibau Meninggal Dunia Dengan Status Probable Covid-19

Fransiskus mengucapkan terimakasih bahwa kedatangannya mendapat sambutan yang luar biasa, berupa tari-tarian, adat istiadat dan ritual khusus lainnya.

“Ritual tersebut juga sudah dilaksanakan turun temurun dari zaman nenek moyang, dengan adanya gawai, maka adat-istiadat, budaya kita terus dilestarikan dan di pertahanan, sehingga generasi muda dan kaum muda kita bisa meneruskannya,” pesannya.

“Bagi para orang tua kita, agar tidak lupa juga memberi pelajaran ilmu pengetahuan ini kepada kaum-kaum muda, sehingga adat istiadat kita tidak punah,” tambahnya. 

Baca Juga :  Pangdam XII/Tanjungpura Sambut Kedatangan Panglima TNI

Lebih lanjut, Bupati Fransiskus menekankan, terselenggaranya gawai ini juga tidak terlepas dari bagaimana semua pihak dapat melestarikan dan mempertahankan adat-istiadat, budaya, yang notabene merupakan kekayaan Indonesia yang layak dipertahankan.

“Karena ini juga merupakan salah satu daya tarik, agar masyarakat luar ingin hadir melihat acara gawai Dayak,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment