by

Fransiskus Diaan Sampaikan Pidato Pengantar Raperda Pertanggungjawaban APBD Kapuas Hulu 2021

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyampaikan pidato pengantar Bupati Kapuas Hulu terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021, di ruang paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (06/06/2022).

Dalam sambutannya, Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa berdasarkan Surat BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Nomor: 21.A/LHP/XIX/PNK/05/2022 tanggal 09 Mei 2022, perihal hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2021, kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu  mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Untuk yang kelima kalinya. Hal ini berkat kerja keras kita semua. Oleh karena itu saya sampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh kepala perangkat daerah atas keberhasilan kita dalam mempertahankan opini tersebut,” kata Fransiskus Diaan.

Orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini juga menambahkan, laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021 dilakukan 2 tahap pemeriksaan, yaitu pemeriksaan pendahuluan selama kurang lebih 29 hari kalender, mulai tanggal 24 Januari sampai 22 Februari 2022 dan dilanjutkan pemeriksaan terinci selama kurang lebih 27 hari kalender, di mulai tanggal 17 Maret 2022 sampai 14 April 2022.

“Laporan keuangan pemerintah daerah menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, realisasi anggaran dan arus kas dari suatu entitas dimana suatu informasi tersebut berguna dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan alokasi sumber daya,” kata Fransiskus Diaan.

“Sehingga pemerintah dapat memenuhi kewajibannya menyediakan pelayanan publik kepada masyarakat, membangun infrastruktur dan program-program prioritas daerah lainnya,” sambung Fransiskus Diaan.

Dalam kesempatan yang sama, Fransiskus juga mengharapkan adanya masukan dan saran dari pihak DPRD Kapuas Hulu, sebagai representasi suara masyarakat, terhadap pemerintah di Kapuas Hulu kedepannya.

BACA JUGA:  Enam Desa di Dua Kecamatan Kapuas Hulu Terendam Banjir

“Dimana masukan dan saran tersebut tentu akan sangat berguna bagi kami supaya lebih baik dalam menjalankan roda pemerintahan untuk menuju Kapuas Hulu ‘Hebat’,” ucap Fransiskus. (Jau)

Comment