Dinkes Kalbar Turut Semarakkan Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2022

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan UPT Klinik Utama, turut menyemarakkan momen peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (Harkin) 2022 yang digelar oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalbar bersama badan publik dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Minggu (05/06/2022).

Dimana kegiatan yang dipusatkan di halaman Plaza MTQ Universitas Tanjungpura Pontianak tersebut dirangkai dengan kegiatan pemberian vaksinasi, pemeriksaan kesehatan gratis, konseling kesehatan anak, dan konseling anak berkebutuhan khusus oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan UPT Klinik Utama.

Selain itu, ada juga kegiatan lain yang diadakan, seperti senam sehat, donor darah, pembagian bibit tanaman gratis, lomba karya tulis ilmiah, dan lomba mewarnai.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Jengah Dengan Sikap Kementerian ESDM Terlalu Banyak Bicara Tanpa Aksi

Terkait dengan peringatan Harkin 2022, Ketua Komisioner KI Kalbar yang juga merupakan Komisioner KI Pusat, Rospita Vici Paulyn ST Mediator mengungkapkan, bahwa masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi dari seluruh badan publik di Kalbar.

“Hak bapak-ibu terhadap informasi dilindungi Undang-Undang, dan badan publik diwajibkan untuk membuka seluruh informasi kecuali informasi yang masuk dalam informasi yang dikecualikan,” jelas Rospita.

Baca Juga :  Kutuk Teror Bom di Makassar, Lasarus Minta Masyarakat Kalbar Tetap Tenang

Sebelumnya, acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kalbar, Harisson. Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalbar, jajaran Komisioner KI Provinsi Kalbar, Walikota Pontianak, Plh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalbar serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kubu Raya dan juga Mempawah.

“Penting untuk disadari, bahwa keterbukaan informasi sebagai bagian pelayanan publik perlu diselenggarakan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas dengan prinsip good government di Kalbar,” kata Harisson dalam sambutannya. (Jau)

Comment