Wako Edi Kamtono Lantik 51 Pejabat, Termasuk Dua OPD Baru

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, melantik 51 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Jumat (03/06/2022), di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota.

Dari jumlah tersebut, dua orang pejabat Eselon II merupakan pengukuhan pada jabatan yang sama, karena adanya perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Aswin Thaufik dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tinorma Butar Butar. 

Kemudian ada dua OPD yang baru dibentuk, yakni Dinas Tenaga Kerja dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. 

Usai kegiatan, Edi Kamtono mengatakan, pelantikan ini merupakan hal yang biasa dalam rangka untuk mengisi posisi jabatan yang kosong di antaranya tataran eselon tiga dan empat termasuk lurah-lurah. 

Baca Juga :  21 - 23 Maret Matahari Berada di Titik Kulminasi, Yok ke Tugu Khatulistiwa

Selain itu juga sebagai tindak lanjut penyesuaian nomenklatur atau perubahan nama OPD serta penyetaraan jabatan struktural ke fungsional.

“Saya minta kinerja para pejabat yang baru dilantik ini lebih maksimal dalam melayani masyarakat, cepat, tuntas dan mudah serta berjiwa melayani,” ujar Edi Kamtono.

Menurut Edi Kamtono, sekarang ini perubahan begitu cepat, termasuk aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Oleh sebab itu, para pejabat selaku aparatur di daerah harus bisa menyesuaikan gerak irama kebijakan yang diatur oleh pemerintah pusat. 

Tak kalah pentingnya, lanjut Edi Kamtono, adalah bagaimana Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, murah dan tidak bertele-tele, harus menjadi acuan bagi seluruh ASN dalam melayani warganya.

Baca Juga :  Edi dan Bahasan Siap Realisasikan Janji Kampanye

“Nanti kita akan terus lakukan evaluasi terhadap kinerja para pejabat yang telah dilantik ini,” tutur Edi Kamtono.

Di lingkup Pemkot Pontianak, masih ada beberapa posisi jabatan Eselon II yang belum terisi. Posisi tersebut akan segera terisi setelah melalui job fit yang saat ini masih berjalan.

“Untuk Eselon II sedang dilakukan job fit,” imbuh Edi Kamtono.

Pada pelantikan tersebut, beberapa lurah juga turut dilantik. Mereka yang dilantik adalah Lurah Sungai Beliung, Syaiful Rahman, Lurah Bansir Laut, Yusuf Panyungan, Lurah Tanjung Hilir, Juanda Achmadi, Lurah Tambelan Sampit, Syarif Mahmud dan Lurah Batu Layang, Teguh Setiawan. (J)

Comment