by

Diskop UKM Kalbar Berikan Pembinaan kepada Pengawas Internal KSP CU Khatulistiwa Bakti

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan pembinaan kepada pengawas internal Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Khatulistiwa Bakti (KSP CU KB) Provinsi Kalbar beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, Ansfridus J Andjioe menjelaskan, bahwa Pembinaan yang diberikan Diskop dan UKM Kalbar kepada pengawas internal ini bertujuan agar kedepan para pengawas internal bisa melakukan inovasi. 

Dimana nantinya, lanjut dia, bisa pula saling melibatkan pengawas eksternal yang terdiri dari tokoh masyarakat serta lembaga negara seperti OJK agar disesuaikan dengan AD ART di setiap koperasi atau Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

“Kita telah melakukan pembinaan pada pengawas internal pada 23 Mei 2022 lalu dengan melakukan pembinaan ke Kantor kepada Pengawas Koperasi dengan harapan bisa terus berinovasi,” ujarnya.

Ansfridus mengatakan, tak hanya KSP CU Khatulistiwa Bakti saja yang diberikan pelatihan, beberapa CU lainnya juga sudah dilakukan hal yang sama. Bahkan banyak CU yang datang ke Diskop dan UKM Kalbar meminta untuk terus didampingi dan diberikan pelatihan internal.

Tak hanya itu saja, Ansfridus juga menekankan kepada seluruh KSP CU, agar memberikan pelayanan yang baik dan yang paling penting adalah kepercayaan nasabah terhadap KSP tersebut.

“Mereka harus memberikan pelayanan yang baik dan bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,”ujarnya.

Ia mengatakan, kolaborasi juga perlu dilakukan agar KSP CU terus tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakat khususnya di Kalbar. Sebab, KSP tak mungkin bisa berjalan sendiri tanpa kolaborasi dari berbagai pihak.

lebih lanjut dikatakannya, Diskop dan UKM Kalbar juga akan rutin melakukan monitoring dan pelatihan kedepannya terhadap pengawas internal di setiap KSP CU. Hal itu guna mengetahui upgrade ilmu yang telah mereka dapatkan dari setiap pelatihan yang diberikan.

BACA JUGA:  CU Pancur Solidaritas Ketapang Diharapkan Bantu Kembangkan Ekonomi Masyarakat Akar Rumput

“Saya harap mereka terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman saat ini,” pungkasnya. (Jau)

Comment