by

Gunakan Pakaian Adat, Pemkab Ketapang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual dari Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang, Rabu, 1 Juni 2022.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Ketapang Farhan, Ketua DPRD Ketapang Febriadi, Kajari Ketapang Alamsyah, Dandim 1203 Ketapang Letkol Inf Alim Mustofa, Wakapolres Ketapang Kompol Anton Satriadi, Danlanal Ketapang diwakili Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) Teguh Santoso, Kepala Pengadilan Negeri diwakili oleh Ardilla Ananta dan kepala OPD Kabupaten Ketapang serta tokoh masyarakat.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila serta dihadiri oleh Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan RI di luar negeri, dan para tokoh.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Bangsa dan Negara kita tetap bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” tutur Presiden.

Presiden mengingatkan agar betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila.

“Kita wujudkan ke dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan bernegara. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antara sesama anak bangsa,” imbuhnya.

Presiden juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin tokoh ormas dan pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Sebagaimana diketahui, tanggal 1 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016. (Adi LC)

BACA JUGA:  Pemkab Ketapang Lepas Kafilah Ikuti MTQ XXIX Kalbar di Sintang

Comment