Dua Pekan BIAN Berjalan, 150 Ribu Anak Kalbar Diimunisasi

KalbarOnline, Pontianak – Cakupan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Barat telah mencapai 13,7 persen setelah sepekan dicanangkan.

“Alhamdullilah cakupan BIAN Kalbar sudah 13,7 persen atau sebanyak 154.374 anak diimunisasi selama dua pekan berjalan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Hary Agung Tjahyadi, Rabu, 1 Juni 2022.

Hary Agung Tjahyadi menyampaikan, dalam pelaksanaan BIAN di Kalbar telah disiapkan 1.530 pos untuk imunisasi.

“Kita lakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan yaitu di Puskesmas, rumah sakit, klinik bersalin yang mandiri hingga swasta juga kita libatkan. Kemudian pos komunitas yaitu di Posyandu, kemudian ada beberapa kegiatan yang melalui Puskesmas keliling, ada juga pos-pos yang ditempatkan di pelayanan umum,” ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Ungkap Sosok PJ Bupati Landak Pasca Karolin: Rambutnya Tidak Banyak

Hary Agung melanjutkan, bahwa pelaksanaan BIAN ini harus mencapai 95 persen dari target sebanyak 1.123.000 anak yang diimunisasi.

“Target total dari 1.123.000 anak yang di imunisasi, 95 persen harus terpenuhi,” ujarnya.

Baca Juga :  Perdana, Ekspor Kratom Langsung dari Pontianak ke Belanda

Ia juga menyampaikan Kalbar memiliki tantangan tersendiri dalam pelaksanaan BIAN, seperti kondisi geografis tiap daerah dan banyak masyarakat yang tersebar jauh. Kendati ia tetap optimis dan yakin tantangan tersebut dapat dihadapi.

“Kita yakin karena kita ada puskesmas, ada posko, ada polindes, ada posyandu yang bisa kita kerahkan sebagai pos imunisasi. Mudah-mudahan tantangan ini bisa kita hadapi dan 95 persen target bisa kita capai,” pungkasnya.

Comment