Berbusana Adat, Sekda Kalbar Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

KalbarOnline, Pontianak – Dengan memakai pakaian adat, Sekda Kalbar, Harisson turut menghadiri pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual di Ruang Data Analisis Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Rabu (01/06/2022).

Dalam kesempatan itu, Harisson turut didampingi oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Junaidi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar, Hermanus serta beberapa kepala perangkat daerah yang juga berpakaian pakaian adat.

Selanjutnya, Presiden Jokowi yang menjadi inspektur upacara di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam amanatnya menyampaikan, bahwa Pancasila bukan hanya sebagai media pemersatu bangsa dan bernegara, tetapi juga menjadi penuntun bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dan persoalan.

Baca Juga :  16 Penghargaan Prestisius Jadi Kado Istimewa HUT ke-65 Pemprov Kalbar

“Ini juga sudah dibukukan berkali-kali dalam sejarah perjalanan bangsa dan bernegara, bahwa kita tetap berdiri kokoh menjadi negara kuat karena berlandaskan Pancasila,” ucapnya.

Oleh karenanya, Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

“Mari kita implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan serta interaksi antar sesama anak bangsa. Ini tugas kita bersama untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga :  Paparkan Sejumlah Rencana Pembangunan di Sanggau, Bupati Paolus Hadi Harap Dukungan Gubernur Kalbar

Seusai acara, Sekda Harisson mengajak untuk mengenang kembali jasa Soekarno (presiden pertama RI) sebagai pencetus Pancasila yang berawal dari Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945.

“Jadi tugas kita sekarang adalah benar-benar harus membumikan nilai-nilai Pancasila untuk berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia,” tegas Harisson. (Jau)

Comment