Pemprov Hibahkan Lahan Eks Kampus IPDN ke Polda Kalbar, Ini Penjelasan Sutarmidji…

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menghibahkan lahan dan bangunan bekas Kampus Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) kepada Polda Kalbar.

Lahan dan bangunan yang dihibahkan itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan Kawasan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Terpadu serta ISDC Polda Kalbar.

“Hari ini saya menyerahkan hibah untuk Kantor Kawasan Lalu Lintas terpadu yang nantinya akan mengatur lalu lintas, pengujian kelayakan kendaraan, dan pelayanan uji KIR. Mudah-mudahan, tahun depan mulai dibangun sesuai dengan apa yang disampaikan Kapolda Kalbar,” kata Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Sutarmidji menyampaikan itu usai menyerahkan berita acara hibah kepada Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro di aula Kampus IPDN Kalbar, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu, 28 Mei 2022.

Sutarmidji mengatakan, dirinya juga akan berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk mengusulkan pelebaran jalan yang dimulai dari Simpang Tugu Alianyang Ambawang hingga Kawasan Terpadu Lalu Lintas tersebut.

Baca Juga :  Langkah Jarot Tangani Gelombang Ketiga Corona di Sintang

“Nanti saya akan koordinasi dengan Balai Jalan Nasional untuk pelebaran jalan sebesar 9 meter dari Bundaran Tugu Alianyang, Kubu Raya, sampai menuju Kawasan Terpadu Lalu Lintas,” kata Sutarmidji.

Sebab menurut Sutarmidji, di kawasan tersebut yang hanya memiliki lebar jalan sekitar 6 meter dinilai tidak dapat menunjang karena pemeriksaan kontainer dan truk yang akan dilakukan di kawasan terpadu tersebut.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan berkolaborasi dengan Polda Kalbar untuk mewujudkannya,” kata Sutarmidji.

Adapun luas lahan yang dihibahkan sekitar 2,2 hektar dari 4 hektar lahan tersebut. Di mana sisanya direncanakan untuk pembangunan kantor pelayanan publik yang bersinergi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Baca Juga :  DPR Kritisi Kebijakan Gubernur Sutarmidji yang Larang Maskapai Bawa Penumpang ke Kalbar

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar atas penyerahan hibah sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kalbar.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalbar atas kepercayaan dan dukungan beliau terhadap tugas-tugas Polri untuk pembangunan kawasan lalu lintas terpadu dengan memberikan hibah lahan seluas 2,2 hektar,” kata Irjen Pol Suryanbodo Asmoro.

Suryanbodo mengatakan, pihaknya akan mengusulkan skema APBN supaya tahun depan bisa dilakukan pembangunan.

“Karena dukungan yang sudah diberikan, kami Polda Kalimantan Barat juga mempunyai kewajiban mendukung program Gubernur dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Suryanbodo.

Comment