Lismaryani Sutarmidji Buka Lomba Olahan Snack Berbahan Baku Ikan

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani, membuka secara resmi kegiatan Lomba Olahan Snack Berbahan Ikan di Sekretariat PKK Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (25/05/2022).

Kegiatan pembukaan lomba ini dihadiri Pengurus PKK Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat  yang juga sebagai Dewan juri, Herti Herawati.

Adapun peserta lomba terdiri dari Tim Penggerak PKK kabupaten/kota. Bertindak sebagai dewan juri, dari ahli pangan, Yohana serta Dewan, juri ahli gizi yakni Rayna Anita.

Dalam sambutannya, Lismaryani menyampaikan, bahwa kegiatan lomba masak ikan merupakan ajang promosi dalam menggalakkan gerakan memasyarakatkan makan ikan yang bertujuan untuk membangun kesadaran individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Baca Juga :  Penanganan Karhutla di Kalbar Akan Dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca

Dimana, lanjutnya, seluruh elemen masyarakat terutama untuk anak usia sekolah sangat penting mengkonsumsi ikan, karena ikan banyak mengandung protein dan Omega 3, sehingga dapat mencerdaskan generasi penerus Bangsa dan mendukung pencegahan stunting dan penularan Covid-19.

“Saya berharap dengan adanya lomba ini, ibu-ibu pengurus PKK kabupaten/kota dapat mensosialisasikan gemar makan ikan dan membantu memberikan makanan tambahan sehari-hari, terutama pada anak-anak dengan menu masakan berbahan baku ikan,” katanya.

“Jadi saya harapkan ibu-ibu agar dapat berinovasi dalam mengolah ikan dengan berbagai jenis olahan ikan,” tambah Lismaryani.

Lebih lanjut, istri Gubernur Kalbar, Sutarmidji ini menyampaikan, peningkatan gizi pada anak-anak terutama pada masa tumbuh kembang anak, pembangunan mental dan fisik anak menjadi fokus pemerintah dengan peningkatan nutrisi melalui gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang diinisiasi di tingkat Nasional oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sedangkan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di inisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Tamasya Pedia Tingkatkan Skrining Penyakit Tidak Menular

Penilaian Olahan Snack Berbahan baku ikan yang diikuti Tim Penggerak PKK dari kabupaten/kota se-Kalimantan Barat ini dinilai langsung oleh tim juri. Hasilnya, Kota Pontianak sebagai Juara 1, Kabupaten Ketapang sebagai juara 2, Kabupaten Kayong Utara sebagai juara 3, juara Harapan 1 Kabupaten Kapuas Hulu, juara Harapan 2 Kabupaten Mempawah dan juara Harapan 3 Kabupaten Kubu Raya. (Irf)

Comment