Gerak TP PKK Kalbar Cegah Wabah Penyakit Melalui PHBS

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rumah Sehat Layak Huni dan Tatalaksana Rumah Tangga serta Bantuan Perbaikan WC untuk Masyarakat yang WC-nya Tidak Layak Sehat, di Sekretariat TP PKK Prov Kalbar, Selasa (24/05/2022).

Bimtek ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan para kader TP PKK, baik di provinsi maupun kabupaten/kota hingga desa/kelurahan di seluruh Kalbar tentang pentingnya rumah sehat layak huni serta tatalaksana rumah tangga. Sehingga diharapkan, keluarga yang tinggal di rumah tersebut dapat merasakan kenyamanan fisik maupun sosial keluarga.

“Kegiatan ini diperuntukkan bagi kader TP PKK 14 kabupaten/kota dan kader TP PKK desa/kelurahan di Kalbar mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan sehat di lingkungan rumah,” ungkap Hilfira Hamid selaku ketua panitia yang juga merupakan Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Program Akta Lahir Gratis Oleh Pemkot Diganjar Penghargaan, Ini Kata Darmanelly

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani mengungkapkan, selain mengadakan Bimtek, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sanitasi atau jamban kepada 14 kabupaten/kota agar PHBS dapat terwujud.

“Selain Bimtek, kami juga menyerahkan bantuan kloset jongkok di 14 kabupaten/kota dimana 1 kabupaten/kota mendapatkan 6 unit kloset jongkok dan 2 sak semen,” kata Lismaryani dalam sambutannya.

Baca Juga :  Sutarmidji dan Forkopimda Kalbar Janji Carikan Solusi Permanen Soal Ahmadiyah

Bimtek dan bantuan yang diserahkan kepada tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa membantu masyarakat terbebas dari wabah penyakit yang diakibatkan buang air besar sembarangan.

“Saya juga menginginkan agar kegiatan ini berlanjut setiap tahun. Ini hanya sebagai pancingan agar kita mengadakan kegiatan yang sama supaya pemerintah kabupaten/kota juga bisa memberikan bantuan seperti itu untuk masyarakatnya,” harapnya.

Menutup sambutannya, Lismaryani menegaskan agar seluruh Ketua TP PKK kabupaten/kota harus menindaklanjuti kegiatan serupa di masing-masing wilayah. (Aws)

Comment