Categories: Pontianak

Polda Kalbar Panggil Penyebar Hoaks Bakso Mengandung Babi di Pontianak: Buat Lucu-lucuan

KalbarOnline, Pontianak – Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Kalbar akhirnya memanggil seorang remaja perempuan yang diduga menyebarkan informasi hoaks tentang kandungan babi dalam makanan Bakso 21 Pontianak.

Yang bersangkutan dipanggil ke Mapolda Kalbar, pada Jumat (20/05/2022), untuk melakukan klarifikasi dan sekaligus mediasi dengan pemilik Bakso 21.

“Kemarin sudah kita panggil dan periksa saksi-saksi. Sudah juga bertemu dengan pihak Bakso 21 dan yang bersangkutan minta maaf. Kasusnya sudah selesai dengan mediasi,” kata Direktur Reskrimsus Polda Kalbar, Kombes Pol Luthfie Sulistiawan, Sabtu (21/5/2022).

Uniknya, menurut Luthfie, alasan pelaku menyebarkan hoaks tersebut adalah karena iseng dan untuk lucu-lucuan semata bersama teman-temannya. 

“Memang kita menyayangkan perbuatan iseng, imbasnya meluas, untuk lucu-lucuan, ini pembelajaran bagi masyarakat, bahwa tidak boleh sembarang menyebar informasi hoaks,” kata Luthfie. 

Sebelumnya, masyarakat dunia maya sempat dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto surat hasil pemeriksaan laboratorium Bakso 21 di Jalan Putri Candramidi, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) yang positif mengandung babi. 

Namun informasi tersebut dibantah oleh Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Kota Pontianak, Agus Salim. Ia menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar.

“Hasil pemeriksaan kandungan babi pada sampel Bakso 21 menyebutkan positif itu adalah tidak benar atau hoaks,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/05/2022). 

Lebih lanjut, Agus menerangkan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan arsip atau dokumen hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan sebelumnya oleh UPT Pusat Laboratorium Kesehatan Kota Pontianak. 

“Dengan hasil pemeriksaan kandungan babi pada sampel bakso tersebut negatif,” kata Agus. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

IKA Unhas Kalbar: Kolaborasi untuk Negeri

KalbarOnline, Pontianak - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin  (IKA Unhas) Provinsi Kalimantan Barat bakal menggelar…

48 mins ago

Bupati Fransiskus Ungkap Baru 53 Desa di Kapuas Hulu yang Sudah Deklarasi Stop ODF

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, dari 278 desa dan 4…

17 hours ago

Tanah Longsor Landa Kabupaten Landak, Jalan Ngabang – Serimbu Sempat Terputus

KalbarOnline, Landak - Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Landak dalam beberapa hari terakhir ini telah…

17 hours ago

PWI Kalbar Audiensi ke KONI, Perkuat Silaturahmi dan Kerja Sama Media

KalbarOnline, Pontianak - Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan kehormatan…

18 hours ago

Diterjang Angin Kencang, Motor Air Milik Nelayan Karam di Perairan Muara Teluk Batang

KalbarOnline, Kayong Utara - Sebuah motor air milik seorang nelayan karam di perairan muara Teluk…

21 hours ago

Nilai Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemkot Pontianak Naik

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menuturkan bahwa Indeks Reformasi Birokrasi (RB)…

21 hours ago