by

Jadi Narasumber di Diseminasi Praktik Cerdas dengan Mitra Dalam-Luar Negeri, Wahyudi Hidayat Paparkan Resbound

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat turut menghadiri Diseminasi Praktik Cerdas Hasil Kerjasama dengan Mitra Dalam dan Luar Negeri, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (19/05/2022) pagi. Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro.

“Kegiatan itu bertujuan untuk membuka wawasan, pertukaran serta memberikan akses informasi kepada seluruh stakeholder baik di pusat maupun di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan,” kata Wahyudi Hidayat.

Wahyudi Hidayat yang juga sekaligus menjadi salah satu narasumber, dalam diseminasi (sosialisasi khusus/terbatas) tersebut menyampaikan, beberapa hal terkait kerjasama dengan mitra dalam dan luar negeri, khususnya tentang program Resbound di Kapuas Hulu.

Wahyudi Hidayat memaparkan, bahwa pelaksana program Resbound Kalbar adalah Yayasan Penabulu yang merupakan anggota konsorsium yang diketuai oleh ICCO. Resbound bertujuan untuk mendorong pembangunan desa di (sekitar) perusahaan perkebunan kelapa sawit yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat melalui pendekatan inklusi dengan mengutamakan kesepakatan dan pendekatan–dialog kemitraan multi pihak, yakni pemerintah, perusahaan dan masyarakat. 

“Kesepakatan dan pendekatan atau dialog kemitraan multi pihak menjadi harapan untuk membantu percepatan pembangunan masyarakat desa yang berorientasi pada pencapaian penghidupan yang layak di pedesaan,” kata Wahyudi Hidayat

Wahyudi Hidayat menerangkan, wilayah kerja Resbound Kalbar di Kabupaten Kapuas Hulu mencakup 10 desa di 2 kecamatan yakni Kecamatan Semitau di Desa Marsedan Raya, Semitau Hilir, Nanga Lemedak, Nanga Seberuang, Nanga Kenepai, Tua’ Abang, dan Desa Sekedau. 

Kemudian Kecamatan Suhaid di Desa Nanga Suhaid, Mantan, dan Desa Menapar, dengan durasi Program Resbound selama 3 tahun yang dimulai pada bulan Maret 2019 sampai dengan Februari 2022.

BACA JUGA:  Wabup Wahyudi Hidayat Pimpin Razia Prokes di Terminal Kedamin

Dalam paparannya pula, Wahyudi Hidayat turut menyampaikan bahwa kesiapan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengikuti kegiatan kerjasama yang diselenggarakan oleh Kemendagri yaitu kerjasama fair, merupakan bentuk apresiasi yang dilakukan kepada Pemerintah Daerah dalam memperkuat partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan.

“Kerjasama fair dapat memperkuat praktik baik yang dilakukan pemerintah daerah melalui pemerintah desa dalam memperkuat bentuk-bentuk kemitraan yang mendukung pembangunan desa atau daerah dan pemerintah daerah senantiasa mengajak para pihak atau para aktor yang terlibat untuk memperkuat kerjasama multi pihak dalam kegiatan kerjasama fair,” kata Wahyudi Hidayat.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kementerian/Lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, NGO, perbankan, mitra pembangunan luar negeri. (Ishaq)

Comment