Targetkan 226.104 Anak Imunisasi Campak Rubella, Wawako Bahasan Harapkan Dukungan Orangtua

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan meresmikan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Kota Pontianak.

Secara simbolis, peresmian itu dilakukan dengan memukul gong dan dilanjutkan dengan vaksinasi lima orang siswa dan siswi di SD Bawamai Kota Pontianak, Rabu (18/05/2022).

Usai pencanangan, Bahasan mengatakan pentingnya dukungan seluruh orang tua agar membawa anaknya, mulai dari usia 9 bulan sampai 12 tahun untuk mengikuti imunisasi.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Siapkan Strategi Peningkatan Kualitas Air Lewat Kerja Sama USAID

Hal itu dimaksudkan agar anak-anak di Kota Pontianak terhindar dari penyakit seperti campak, rubella serta penyakit lainnya yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Pemerintah bersama masyarakat telah melaksanakan program imunisasi selama lebih dari lima dasawarsa yang lalu. Seperti Eradikasi Cacar tahun 1974, Bebas Polio tahun 2014 dan Eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal (MNT tahun 2016). Dan semuanya sukses,” ucapnya.

Bahasan memaparkan, angka capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Kota Pontianak tahun lalu baru menyentuh dia angka 59,41 persen. Itu artinya, setidaknya masih ada 4.613 anak yang belum mendapat IDL.

Baca Juga :  Kepala BPN Sanggau Terjaring OTT Polda Kalbar

Bahasan kemudian mengimbau kepada para camat, lurah, kepala perangkat daerah serta seluruh pihak terkait untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran imunisasi.

“Seperti diketahui, program imunisasi di masa pandemi Covid-19 tidak maksimal. Untuk itu, mulai hari ini, kita mulai kembali imunisasi,” tutup Bahasan. (Jau)

Comment