Dideportasi Singapura, UAS Ungkap Kronologinya…

KalbarOnline.com – Ustadz Abdul Somad (UAS) mengaku dideportasi Singapura. UAS mengaku tak mengetahui alasan dirinya dideportasi.

“Info bahwa saya dideportasi dari imigrasi Singapura itu sahih, betul, bukan hoax,” kata UAS melalui kanal YouTube Hai Guys Official seperti dilihat KalbarOnline.com, Selasa, 17 Mei 2022.

UAS mengatakan, dirinya berangkat ke Singapura bersama istri, anak, dan sahabatnya pada Senin, 16 Mei 2022. Mereka, kata UAS, tiba di Pelabuhan Tanah Merah, Singapura, sekitar pukul 13.30.

Dia mengatakan sahabat dan keluarga sahabatnya serta istri dan anaknya diizinkan masuk ke Singapura. UAS mengklaim semua berkas yang dibutuhkan untuk masuk ke Singapura sudah dibawa.

“Berkas lengkap semua. Udah lengkap ini. Arrival card, kartu untuk datang sampai masuk, semua lengkap semua, tak ada kurang satu apa pun. Udah lengkap semua. Udah sampai distempel Imigrasi, dia tidak stempel, karena langsung di-scan saja paspor, habis itu kemudian cap jempol, habis itu pas mau keluar, saya terakhir, sahabat saya keluar, istrinya sudah, anaknya sudah, ustadzah sudah, anak saya sudah, saya yang terakhir. Begitu selesai mau keluar, baru itu tas ditarik, masuk,” kata UAS.

Baca Juga :  Warga Singapura Kesulitan Uang Selama Pandemi, Milenial Paling Stres

UAS mengaku, dirinya datang ke Singapura untuk berlibur. Dirinya pun mengaku tak mendapat penjelasan dari petugas Imigrasi Singapura mengapa dia tak boleh masuk ke Singapura.

“Dalam rangka libur, ini kan hari libur. Kebetulan sahabat saya dekat rumahnya dari Singapura. Itulah yang mereka tak bisa menjelaskan, pegawai Imigrasi tak bisa menjelaskan, jadi yang bisa menjelaskan ambassador of Singapore in Jakarta, you have to explain to our community, why did your country, why did your government reject us? Why did your government deport us? Kenapa? Apakah karena teroris? Apakah karena ISIS? Apakah karena bawa narkoba? Itu mesti dijelaskan,” kata UAS.

Baca Juga :  Eks Pimpinan KPK: Kewenangan Besar Tak Profesional Tak Ada Artinya

UAS mengatakan, dia dibawa masuk ke ruang 1×2 meter setelah tak diizinkan lewat oleh Imigrasi. Dia mengatakan rombongannya berada di ruangan lain. Mereka kemudian meninggalkan Singapura sekitar pukul 16.30.

Comment