by

Polres Kerahkan Puluhan Personel Amankan Ibadah Waisak di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Puluhan personel Kepolisian Resort (Polres) Ketapang dikerahkan untuk mengamankan jalannya ibadah dalam rangka memperingati Hari Waisak di sejumlah vihara di Kabupaten Ketapang, Minggu 15 Mei 2022.

Para personel itu disiagakan di lima vihara di Ketapang dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Buddha saat menjalankan ibadah.

Kapolres Ketapang melalui Kabag Ops Kompol, Yafet Efraim Patabang mengatakan, lima vihara yang menjadi objek pengamatan personel diantaranya yakni Wihara Dewi Kwam In di Jalan Sisingamangaraja, Wihara Dhamamangala di Jalan Lingkar Kota, Wihara Vimalakirti di Jalan Sutomo, Wihara Avalokitesvara di Jalan M Tohir dan vihara yang terbesar di Kota Ketapang yaitu Wihara Sila Matreya di Jalan Merdeka Ketapang.

“Total kekuatan pengamanan yang kita siapkan untuk mengamankan tempat ibadah umat Buddha ada 85 personel,” katanya.

Para personel tampak bersiaga melakukan pengamanan jalannya ibadah Waisak 2022 di Ketapang. (Adi LC/KalbarOnline.com)
Para personel tampak bersiaga melakukan pengamanan jalannya ibadah Waisak 2022 di Ketapang. (Adi LC/KalbarOnline.com)

Yafet menyebut, kalau pihaknya menempatkan sekitar 10 personelnya untuk mengamankan jalannya ibadah pada perayaan Waisak.

“Pengamanan yang dilakukan anggota Polres Ketapang bertujuan untuk mengantisipasi adanya potensi gangguan kamtibmas serta dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Buddha dalam menjalankan ibadahnya,” ujarnya.

Di Wihara Sila Matreya, yang merupakan vihara terbesar di Kota Ketapang, terpantau puluhan umat Buddha melaksanakan ibadah dari pagi sampai malam hari. Terlihat personel Polres Ketapang dan Polsek Delta Pawan bersama-sama melaksanakan pengamanan di vihara tersebut.

“Tidak hanya pengamanan di vihara saja, kami juga melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan atau KRYD melalui peningkatan patroli malam hari serta pemantauan di tempat wisata untuk memastikan tidak adanya gangguan kamtibmas di Kota ketapang,” tutupnya. (Adi LC)

BACA JUGA:  Masih Pandemi, Imlek 2022 di Ketapang Dirayakan Tanpa Festival Arakan Naga dan Barongsai

Comment