by

Kampanyekan Kalbar Teduh, Hijau dan Lestari, Gubernur Sutarmidji Tanam Berbagai Jenis Tumbuhan Lokal

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji, melakukan penanaman berbagai jenis tumbuhan lokal di halaman pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (14/05/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu kampanye Gerakan Penanaman Pohon Serentak untuk Kalimantan Barat Teduh Hijau dan Lestari.

Dalam kesempatan itu Sutarmidji tak sendiri. Dia didampingi oleh Sekda Kalbar Harisson, Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana dan para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar Adi Yani menjelaskan, terdapat 145 bibit tumbuhan yang ditanam di halaman Pendopo Gubernur Kalbar.

“Ada 9 jenis tanaman lokal khas Kalimantan Barat yang ditanam. Selanjutnya, kita pakai tanaman bunga untuk tutupan lahan,” kata Adi Yani.

Adi Yani juga menjelaskan, Pemprov Kalbar akan membangun jogging track di Halaman Pendopo Gubernur Kalbar yang akan dihubungkan dengan lokasi jogging track di Galeri Hasil Hutan yang berada persis di sebelahnya.

Insya Allah, pembangunannya akan selesai dalam 3 bulan ke depan. Kemudian, akan dilanjutkan ke Galeri Hasil Hutan,” kata Adi Yani.

Dalam 2 bulan ke depan, pihaknya, lanjut Adi Yani, bersama UPT KLHK dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat akan melaksanakan penanaman pohon serentak di semua sekolah yang ada di Kalimantan Barat.

“Kami sudah mendata, ada sekitar 7.000 sekolah di Kalimantan Barat. Jika masing-masing sekolah bisa menanam 10 tanaman, berarti sudah 70.000 tanaman. Hal ini merupakan arahan Gubernur Kalbar kepada kami untuk segera ditindaklanjuti,” pungkas Adi Yani. (Red)

BACA JUGA:  Wagub Ria Norsan Bawa Bantuan Pemprov Kalbar untuk Korban Banjir Sintang

Comment

Terbaru