Perbanyak Sekolah dan Guru di Daerah Terpencil Untuk Tingkatkan IPM

KalbarOnline, Pontianak – Sekda Kalbar Harisson menyatakan, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendukung visi misi Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat dalam meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Kalimantan Barat, diantaranya meningkatkan Angka Harapan Sekolah, memperbanyak mendirikan sekolah di daerah terpencil, serta menyiapkan tenaga pendidik.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jumat (13/05/2022).

“Yang menjadi tantangan adalah sedikitnya jumlah penduduk di daerah-daerah terpencil dan yang letaknya jauh. Kalau pemerintah menyiapkan sekolah, terkadang jumlah murid yang akan bersekolah sedikit. Tapi, kalau tidak menyiapkan sekolah di daerah itu, para siswa akan menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan pendidikan di sekolah. Ini salah satu tantangan pendidikan kita,” kata Harisson.

Baca Juga :  Polri Ungkap Penyelundupan 2 Kontainer Daging Kerbau Ilegal Asal Malaysia ke Pontianak

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Beasiswa Cahaya Harapan PLN kepada siswa SLB berprestasi. Dalam kesempatan itu pula, Harison mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dirinya mengucapkan terima kasih kepada PT PLN yang sudah memberikan bantuan beasiswa kepada siswa disabilitas yang berprestasi. 

“Hal ini jarang dilakukan oleh perusahaan lain maupun BUMN. Saya harapkan kedepannya nanti, perusahan, BUMN, BUMD, maupun sektor swasta, juga dapat mengikuti langkah PLN dalam memberikan beasiswa, terutama untuk siswa-siswi kita yang jarang tersentuh beasiswa, seperti siswa disabilitas ini,” harapnya.

Baca Juga :  Keren! Kalbar Ekspor 26 Ton Pasta Durian ke China

Sebagai informasi, siswa SLB berprestasi yang mendapatkan beasiswa Cahaya Harapan PLN diantaranya yakni Siti Farhatun Nufus dari SLBN Rasau Jaya juara 1 tingkat nasional MTQ SMPLB/SMALB, Herawati dari SLB C Dharma Miranti Singkawang juara 3 tingkat provinsi menyanyi solo, Winda Rahmawati dari SLBN Sambas juara 1 Provinsi Menjahit, Brigita Alexandra Putri Myne dari SLBN Ketapang juara 1 tingkat provinsi merangkai bunga, dan Elvira Yulyanti dari SLBN 25 Sintang juara 1 tingkat provinsi Bola Bocce.

Comment