Pemprov Kalbar Jalin Kerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menandatangani nota kesepakatan kerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura Provinsi Jawa Timur, Rabu (11/5/2022).

Nota kesepakatan itu masing-masing ditandatangani Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Muh Syarif, dengan disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, beserta masing-masing jajaran, di Ruang Rapat Praja 1 Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Gubernur Sutarmidji dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kemampuan sangat penting dalam menyambut “Kampus Merdeka”.

Baca Juga :  Kapuas Hulu Jadi Kabupaten Pertama Dikunjungi Pj Gubernur Kalbar

“Ada istilah ‘Kampus Merdeka’, tetapi infrastruktur belum siap. Jadi, mahasiswa harus banyak magang untuk bisa meningkatkan skill mereka,” katanya.

Dengan adanya kerjasama ini, Pemprov Kalbar, kata Sutarmidji, dapat menyesuaikan program yang ada dengan program studi yang ada di Universitas Trunojoyo Madura untuk memenuhi kebutuhan daerah.

“Salah satunya jagung. Peternak ayam di Kalbar sudah cukup besar dan pakan ayam rata-rata berasal dari luar Kalbar, karena jagung masih sulit didapat,” ungkap Gubernur.

Baca Juga :  Akurasi Data Kunci Program dan Kebijakan Tepat Sasaran

Selain itu, Gubernur juga minta jajarannya untuk meneliti air laut yang dapat memproduksi garam industri dengan kualitas baik.

“Nanti kita akan kaji bersama Universitas Trunojoyo Madura, dimana daerah yang memiliki kadar air laut yang dapat memproduksi garam karena termasuk program yang berkaitan dengan kebutuhan Kalbar. Saya harap ini bukan hanya sekedar MoU, tetapi dapat diimplementasikan bersama,” harapnya.

Penandatanganan nota kerjasama ini juga dirangkai dengan bertukar cinderamata dan foto bersama.

Comment