Polisi Kejar 3 Perompak Bersenjata Api yang Menyerang Kapal di Sungai Kapuas

KalbarOnline, Pontianak – Video viral yang menunjukan aksi kawanan perompak bersenjata api menyerang sebuah kapal akhirnya terungkap.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Kasat Polair Polres Mempawah Iptu Andi Rahmat, Rabu, 11 Mei 2022. Peristiwa itu terjadi di Sungai Kapuas di daerah Wajok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu dinihari sekira pukul 04.00 WIB.

Di dalam video tersebut terlihat 3 orang menggunakan perahu dan salah satu di antaranya diduga menembakkan senjata api ke arah kapal yang belakangan diketahui kapal TB Legasea I di .

“Benar. Pelaku berjumlah 3 orang menggunakan sampan kato,” kata Andi, Rabu siang.

Andi menjelaskan, para pelaku terlebih dahulu membuntuti kapal TB Legasea I dari belakang. Mereka diduga kuat hendak merompak kapal tersebut.

“Para ABK sudah berusaha mengusir pelaku dengan cara melempar ketiga orang itu menggunakan kayu, namun satu di antara pelaku melakukan penembakan dengan menggunakan senjata jenis airgun sebanyak tiga kali,” kata Andi.

Akibatnya, salah seorang anak buah kapal (ABK) TB Legasea I menjadi korban.

Baca Juga :  Pertahankan Adat Istiadat dan Budaya, Pemkot Pontianak Wacanakan Pugar Sejumlah Rumah Tua Bersejarah di Tepian Sungai Kapuas

“Dari tiga tembakan, satu tembakan mengenai lengan salah seorang ABK atas nama M. Nur Iskandar berusia 22 tahun,” kata Andi.

Andi mengatakan, saat ini pihaknya sudah menginterogasi sejumlah saksi dan korban untuk melakukan pendalaman.

“Kasus ini masih dalam penyelidikan dan pelaku dalam pengejaran kita,” kata Andi.

Andi menambahkan, akhirnya peristiwa itu berhenti di mana 3 kawanan perompak itu kabur setelah para ABK terus berteriak.

“ABK terus teriak sehingga para pelaku melarikan diri,” tutup Andi.

Diberitakan sebelumnya, beredar video dugaan kawanan perompak bersenjata api menyerang sebuah kapal. Seperti dikutip dari akun Instagram @pontianak_infomedia, Rabu (11/5/2022), peristiwa itu diduga terjadi di Sungai Kapuas Pontianak.

“Detik-detik perampokkan menggunakan senjata api. Buat teman-teman pelaut hati-hati yg masuk Sungai Kapuas Pontianak,” demikian tulisan di dalam video tersebut.

Di dalam video tersebut terlihat 3 orang menggunakan perahu dan salah satu di antaranya diduga menembakkan senjata api ke arah kapal.

Baca Juga :  Edi Optimis Hari Bakcang Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

Video berdurasi 21 detik itu diunggah beberapa jam yang lalu di akun Instagram pontianak_infomedia. Akun tersebut juga memention akun Instagram Pol Air Polda Kalbar serta Lantamal XII Pontianak.

Di dalam video tersebut terlihat tiga orang menggunakan perahu dan salah satu di antaranya diduga menembakkan senjata api ke arah kapal.

Setelah senjata api ditembakkan ke arah kapal, terdengar salah seorang yang berada di dalam kapal mengarahkan untuk semua kru menunduk agar tidak terkena tembakan.

Belum diketahui kapan kejadian tersebut. Video tersebut pun lantas ramai diserbu komentar para warganet.

Warganet berharap para pelaku tersebut dapat ditindak, guna tidak terjadi kejadian serupa.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Indra Asrianto mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk kepada pihaknya.

“Masih kita dalami, untuk pemilik akun tiktok yang mengunggah sudah kita hubungi namun belum ada respon alias tidak aktif,” kata Indra.

Comment